Janji Pembangunan Pasar Legi Masih Tarik Ulur Anggaran

161
JANTUNG EKONOMI KOTA: Satu unit backhoe terparkir di lahan bekas Pasar Legi Minggu (18/8).

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Pemerintah pusat dan daerah terus mencari titik temu penganggaran sebelum memulai pembangunan Pasar Legi baru. Sampai kini, eks pasar terbesar di Bumi Reyog yang telah dirobohkan itu belum terjamah pembangunan. Hanya ditumbuhi ilalang yang menjalar tinggi di setiap sisi.

Belakangan, pusat meminta uluran anggaran dari daerah. Tidak sanggup menanggung sendiri total kebutuhan anggaran Rp 180 miliar. Pusat hanya menyediakan Rp 160 miliar. Pemkab diminta menyediakan Rp 15 miliar untuk fasilitas genset dan cold storage. Namun, sepertinya pemkab hanya mengalokasikan Rp 5 miliar. ‘’Kemungkinan kami hanya beli genset. Karena perdagangan daging dan ikan tidak begitu dominan di Ponorogo. Jadi, tidak terlalu membutuhkan cold storage,’’ kata Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni. Anggaran untuk ruang penyimpanan beku itu lebih baik digunakan untuk perbaikan jalan. ‘’Kami sepakat, Pasar Legi baru dibangun empat lantai,’’ imbuhnya.

Rencana pembangunan sudah mengemuka lama. Hanya, terus terjadi tarik ulur antara pusat dan daerah. Mulai dari besaran alokasi anggaran sampai desain yang terus direvisi. Meski begitu, Ipong mengklaim angin segar sudah mulai berembus. ‘’Sudah ada kesepakatan terakhir dan sudah mau dilelang oleh pemerintah pusat,’’ terangnya.

Baik pusat maupun daerah telah menyepakati Pasar Legi baru dibangun empat lantai. Dua lantainya terdapat areal parkir dan sejumlah fasilitas penunjang. Seperti masjid berkapasitas 400 jamaah lebih. ‘’Proyek ini ditangani pusat, daerah hanya terima kunci saja nanti,’’ imbuhnya.

Lantas, kapan bisa dimulai? Dari komunikasi terakhir, Ipong dijanjikan dibangun tahun ini. Dengan masa pekerjaan selama 12 bulan. Soal kapan dimulainya, pusat enggan memastikan. ‘’Mereka hanya mengatakan bahwa pembangunan segera dieksekusi begitu pemenang lelang sudah diumumkan. Yang jelas, diselesaikan dalam waktu 12 bulan terhitung waktu dimulainya tahun ini,’’ pungkasnya. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here