Jalur Ponorogo-Trenggalek Dibuka, Warga Diminta Tetap Waspada

155

PONOROGO – Jalur Ponorogo-Trenggalek kembali dibuka mulai pukul 07.00 kemarin (5/3). Satu alat berat didatangkan untuk membersihkan material longsor yang menutup ruas jalan di Jalan Raya Ponorogo-Trenggalek km 16, Desa Nglinggis, Tugu, Trenggalek, Senin malam (4/3).

Longsor di ruas utama penghubung dua kabupaten itu dipicu hujan yang mengguyur semalaman. Usai longsor, hujan dengan intensitas tinggi juga masih mengguyur sehingga jalur ditutup total. ‘’Khawatir ada longsor, kami tutup total setelah adanya pemberitahuan dari kapolsek Tugu, Polres Trenggalek,’’ kata Kapolsek Sawoo AKP Edy Suyono.

Meski jalur dapat dilalui kembali, Edy meminta warga tetap berhati-hati saat melintas. Sebab, permukaan jalan masih licin akibat sisa material longsor. ‘’Untuk sementara ini kami pastikan sudah dapat dilalui kembali baik sepeda motor maupun kendaraan roda empat,’’ ujarnya.

Selain menyumbat jalur perbatasan dua kabupaten, hujan deras Senin (4/3) juga menyebabkan Tanggul Tebol di Desa Ngadisanan, Kecamatan Sambit, jebol. Membuat air sungai meluber hingga persawahan dan pemukiman. ‘’Dampak terparah dari tanggul jebol itu dirasakan warga Desa Maguan,’’ imbuh Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono.

Jebolnya Tanggul Tebol juga menyebabkan warga waswas. Mereka tidak berani masuk rumah dan menunggu air surut. Sekitar pukul 00.15 dini hari (5/3) mulai surut. Beberapa warga kembali ke rumah masing-masing. ‘’Kami nyatakan daerah tersebut sudah aman,’’ tegas Budi, sapaan Setyo Budiono.

Hujan deras juga menyebabkan debit air Sungai Paju meningkat. Ketinggian air mencapai 500 sentimeter. Sehingga memantik sirine early warning system (EWS) di aliran sungai meraung-raung. ‘’Peningkatannya di level kuning, artinya waspada,’’ terangnya.

Budi mengimbau warga yang tinggal di bantaran sungai lebih meningkatkan kewaspadaan. Sekecil apa pun peringatan, harus diperhatikan di musim penghujan ini. ‘’Jika sudah level merah artinya siaga dan sungai meluap,’’ sebutnya. (mg7/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here