Jalan Tiga Kecamatan Terpetakan Rawan

27

PONOROGO – Sejumlah ruas jalan dipetakan rawan. Meliputi Balong, Jetis, hingga Slahung. Harus menjadi perhatian pengendara terutama menjelang masa mudik lebaran. ‘’Penyebabnya macam-macam,’’ ungkap Kasatlantas Polres Ponorogo AKP Bambang Prakoso.

Bambang menandai kerawanan di Jalan Raya Ponorogo-Pacitan, mulai simpang empat Dengok hingga masuk kecamatan Balong. Selain itu, ruas Ponorogo-Trenggalek dari Dengok hingga ke simpang empat Jetis. ‘’Ruas Ponorogo-Pacitan di Wates, Slahung, juga rawan karena sebelumnya amblas akibat tanah gerak,’’ ujarnya.

Bambang lantas memerinci penyebab kerawanan di sejumlah ruas jalan tersebut. Di ruas Ponorogo-Pacitan khususnya masuk Desa Singkil, Kecamatan Balong, tergolong jalur rawan lakalantas. Lain hal dengan di ruas Ponorogo-Trenggalek. Di ruas jalan tersebut, kondisinya bergelombang dan banyak ditemukan lubang. Perbaikan memang acap dilakukan namun hanya berupa tambal sulam. Jika kendaraan berat melintas, jalan pun kembali rusak. ‘’Ketika berlubang dan bergelombang, pengguna jalan harus jaga jarak dan kecepatan,’’ kata dia.

Khusus ruas Ponorogo-Pacitan masuk Wates, Slahung, kendaraan roda enam ke atas masih dilarang melintas. Imbauan sudah dipasang sejak kejadian tanah ambles, Maret lalu. Pun sejak saat itu, disepakati model pengalihan arus yang melarang kendaraan bertonase berat melintas. Untuk kendaraan penumpang, pribadi maupun angkutan, masih diperbolehkan melalui ruas tersebut asalkan tonasenya tidak melebihi sepuluh ton. ‘’Meski begitu, kami tetap mengimbau untuk waspada ketika melalui ruas tersebut,’’ ujar Bambang.

Jelang arus mudik, operasi ketupat bakal digencarkan. Sekalian untuk mempersiapkan pengamanan jalur rawan lewat penempatan petugas untuk bersiaga. ‘’Akan ada pos-pos pengamanan khusus di beberapa titik. Berjaga dan mengatur lalu-lintas,’’ tukasnya. (naz/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here