Jalan Rusak Parah, Pengendara Berjatuhan

239

NGAWI – Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) tidak jarang dipicu kondisi jalan yang tidak layak dilalui. Jalan Raya Gonggang-Karangudi masuk Dusun/Desa Dadapan, Kendal, misalnya, mengalami kerusakan parah hingga kerap memakan korban.

Panjang ruas jalan yang rusak itu sekitar 150 meter. Titik kerusakan yang berada setelah tikungan kerap membuat pemotor jatuh. Kalau tidak begitu, tabrakan terjadi lantaran para pengendara berebut titik jalan yang masih terlapisi aspal. ‘’Sudah sejak empat bulan lalu rusak parah seperti ini,’’ kata Pardi, warga setempat, kemarin (20/1).

Pardi mengatakan, pengendara, baik motor maupun mobil yang melaju dari arah utara, tidak bisa mengetahui situasi lalu lintas lantaran penglihatan mereka terhalang pagar makam desa di tikungan. ‘’Orang-orang jauh biasanya yang jatuh karena tidak tahu jalannya rusak,’’ ujarnya.

Selain berada setelah tikungan, titik kerusakan jalan yang tempatnya lebih tinggi ketimbang penggal jalan dari arah selatan membuat sejumlah pengendara celaka. ‘’Belum lama ini ada dua perempuan dari Magetan yang jatuh,’’ ungkap Pardi.

Pantauan Radar Ngawi di lokasi, tampak sebuah lubang besar menganga pada batas badan jalan cor dan aspal. Posisinya berada di sebelah barat alias jalur pengendara dari arah utara. Sejumlah pengendara dari selatan sengaja memilih titik badan jalan yang masih bagus.

Selain kecelakaan, rusaknya sepotong jalan yang saat ini masih wewenang Pemkab Ngawi tersebut juga berdampak kepada warga setempat. Saat cuaca cerah, debu beterbangan hingga mengotori rumah. Sedangkan ketika hujan, jalanan menjadi becek. ‘’Sempat diberi uruk truk tambang yang biasa lewat sini,’’ kata Sunarsih, salah seorang warga. (mg8/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here