Jalan Nasional Terpantau Mulus

28

MADIUN – Jalur nasional di wilayah Bumi Dongkrek diprediksi lancar saat arus mudik Lebaran 2019. Selain ada pelebaran, kendaraan juga akan terekoreksi melawati tol. Meski begitu, perawatan berkala jalan tetap dilakukan Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII. ’’Proyeknya rehabilitasi jalan dan pelebaran,’’ ujar Pejabat Pembuat Komitmen BBPJN VIII Zulkifli Arif.

Zulkifli mengungakapkan, sampai saat ini proyek sudah rampung. Jalan yang dilebarkan di antaranya sepanjang 2,3 km masuk wilayah Nglames hingga Desa Bagi, Kabupaten Madiun. Pun, awalnya ditargetkan sepanjang 3,3 km. Dia menyebut kalau proyek akan dilanjutkan ketika nanti setelah Lebaran dan akan mencapai batas kota Madiun. ’’Yang penting ini sudah selesai dulu dan bisa digunakan untuk mudik,’’ katanya.

Selain itu, BBPJN sudah melakukan perbaikan jalan. Seperti jalan raya yang berada di depan kantor DPRD Kabupaten Madiun. Dia mengungkapkan kalau ada pelapisan aspal sepanjang 1,1 km. Sebenarnya pada H-10 dihentikan. Tapi akhirnya dilanjutkan. ’’Nanggung. Toh nanti kita juga kan kasih lapisan lagi di jalan itu, ini kami sudah beri markah untuk sementara,’’ ungkapnya.

Dia  menyebutkan untuk kondisi jalur nasional sudah dalam kondisi baik.Sudah tidak ada lubang. Markah jalan sudah sesuai dengan ketentuan. Zulkifli menyebut kalau sampai saat ini untuk jalan caruban Ngawi, Caruban Madiun, dan Ponorogo Madiun terpantau mulus. Pun, selain perbaikan dan pelebaran jalan pihaknya juga mengecat trotoar. ’’Itu pemeliharaan juga, dan memang untuk persiapan arus mudik dan balik tahun ini,’’ katanya.

Dia menyebutkan bahu jalan yang sesuai dengan ketentuan adalah yang rapi dan tidak ada tanaman yang mengganggu. Sudah sejak 17 Mei lalu pihaknya mulai melakukan pengendalian tanaman di ruas-ruas jalan nasional. Selain itu mengecat  median jalan di beberapa ruas. Beberapa ruas jalan sudah diberi markah kuning sesuai dengan peraturan yang baru. ’’Pengerjaan akan dilanjut setelah Lebaran untuk yang pelebaran jalan,’’ ungkapnya. (fat/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here