Jalan ke Watu Rumpuk Rusak Parah

742

MADIUN – Renovasi jembatan di Desa Segulung, Dagangan, telah rampung akhir tahun lalu. Namun, masih menyisakan masalah. Yakni, kerusakan jalan yang cukup parah sejak enam bulan terakhir. Imbasnya, tidak sedikit pengguna jalan celaka saat melintasi jalan sepanjang sekitar lima kilometer itu. ‘’Sudah banyak korban, meski hanya luka ringan,’’ kata Ahmad Saiful Aziz, warga setempat, Senin (16/7).

Ahmad mengungkapkan, pengendara motor celaka mayoritas warga luar desa. Sebab, mereka tidak menguasai medan jalan yang berkelak-kelok, naik-turun, dan rusak itu. Juga banyak mobil dan motor yang tidak kuat menanjak. Sehingga, warga pun sukarela membantu mendorong. ‘’Beberapa hari lalu ada yang menabrak tebing,’’ ujarnya.

Nyaris tidak ada permukaan halus dari jalan yang juga akses ke tempat wisata Watu Rumpuk, Mendak, Dagangan, tersebut. Jalan dipenuhi batu kerikil dan batu besar yang bercampur tanah. Debu pun beterbangan kala ada kendaraan besar melintas. ‘’Kalau kemarau berdebu, saat hujan licin,’’ sebutnya.

Dia menjelaskan, kondisi jalan ini awalnya mulus. Rusak setelah dilewati kendaraan berat pengangkut material proyek rehabilitasi jembatan. Kondisi tersebut, kata dia, sudah disampaikan berulang kali ke perangkat desa. Namun, tidak pernah direspons. ‘’Berkendara tidak pernah bisa nyaman,’’ keluhnya.

Kepala Desa Segulung Kustoyo menyatakan status jalan rusak itu milik pemkab. Pun pihaknya sudah melapor ke dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR) bulan lalu. Jawabannya, tidak ada ploting anggaran perbaikan. DPUPR tidak berani menjanjiikan rehabilitasi dari perubahan anggaran keuangan (PAK). Sehingga, besar kemungkinan perbaikan tahun depan. ‘’Jadi, bukannya kami tidak merespons, tapi pemkab belum bisa memberi kepastian,’’ tegasnya.

Menurut Kustoyo, kerusakan jalan tidak mutlak disebabkan intensitas kendaraan berat. Sebab, sebagian jalan sudah rusak akibat dilalui pengguna jalan lain sehari-hari. Kendaraan material, kata dia, lebih memicu jalan rusak parah. ‘’Ya, mungkin sudah waktunya diperbaiki,’’ katanya. (cor/c1/sat)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here