Pacitan

Jaga Ketersediaan Pangan lewat Hidroponik

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pandemi Covid-19 berpotensi memicu stres bagi siapa saja. Karena itu, diperlukan kegiatan khusus agar kesehatan mental terjaga. Salah satu yang disarankan oleh dinas pangan adalah bercocok tanam dengan cara hidroponik di rumah.

Plt Kepala Dinas Pangan Pacitan Supitoyo mengatakan, selain dapat menjaga ketersediaan pangan, bercocok tanam secara hidroponik dapat mengisi kegiatan masyarakat di rumah selama pandemi. ‘’Cara ini juga dianggap sebagai antisipasi penciptaan lahan pertanian baru yang diharapkan mampu menghasilkan stok pangan di rumah,’’ katanya Kamis (2/7).

Bercocok tanam secara hidroponik sebenarnya sama halnya dengan penerapan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang selama ini sudah berjalan. Namun, menurut Supitoyo, program itu hanya dijalankan oleh sebagian masyarakat. Terutama mereka yang mempunyai lahan kosong di rumah. ‘’Memang sulit mengondisikan semua masyarakat untuk bisa demikian. Padahal, menjaga ketersediaan cadangan pangan sangat penting,’’ tegasnya. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close