Ipong Yakin Target Partisipasi Pemilih Terpenuhi

18

PONOROGO – Golput selalu menjadi momok mengkhawatirkan bagi penyelenggara pemilihan umum (pemilu). Sukses-tidaknya pesta demokrasi, ditentukan dari seberapa berhasilnya suara ketidakberpihakan ditekan. Pemilu 2019 ini, daerah dipatok target partisipasi tak kurang dari 77,5 persen. ‘’Partisipasi pemilih saya perkirakan mencapai kisaran 75 persen,’’ kata Bupati Ipong Muchlissoni, kemarin.

Bersama Ketua TP PKK Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni, dia menyalurkan hak pilih di TPS 04, Mangkujayan. Keduanya tiba di TPS sekitar pukul 10.30. Tampak sejumlah pejabat kepala organisasi perangkat daerah (OPD) ikut mendampingi. ‘’Pantauan kami, jumlah pemilih di kabupaten ini cukup maksimal. Melihat banyaknya warga yang hadir, saya yakin golput bisa ditekan,’’ kata dia.

Partisipasi pemilih, diakui Ipong, sangat penting untuk memastikan output pemilu yang berkualitas. Tingginya partisipasi pemilih dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin bangsa yang berkualitas, amanah, dan hebat. ‘’Yang bisa membawa bangsa ini lebih besar dan menyejahterakan rakyatnya,’’ tegasnya.

Komisioner Divisi Data KPU Munajat pun meyakini target partisipasi pemilih 77,5 persen dapat dipenuhi. Indikatornya, antusiasme masyarakat dalam mendatangi TPS. Pun, upaya mengajak warga menyalurkan hak pilihnya telah digencarkan. ‘’Kalau melihat antusiasme dan data-data yang terus masuk dari TPS, Insya Allah bisa tercapai 77,5 persen (angka partisipasi pemilih),’’ ujarnya. (naz/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here