Pacitan

Inilah Kewajiban ASN yang Telanjur Mudik Cuti Lebaran

PACITAN – Hari kecepit bakal jadi ujian loyalitas para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Pacitan. Sabtu (1/6) nanti, mestinya jadi hari libur bagi para abdi negara. Namun, lantaran bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, mereka wajib mengikuti upacara. Tak terkecuali mereka ada yang sudah telanjur mudik Lebaran.

Pasalnya Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan kemudahan untuk mengikuti upacara di kampung halaman ASN yang mudik. ‘’Syaratnya harus memfoto kegiatan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di tempat mereka mengikuti,’’ kata Plt Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Pacitan Sakundoko Selasa (28/5).

Foto tersebut tidak sekadar untuk disimpan di ponsel atau kamera digital ASN. Itu sebagai bukti keikutsertaan mereka upacara. Foto tersebut wajib diunggah dan dikirim ke kantor masing-masing hari itu juga. Itu sebagai bentuk pengawasan dan kepatuhan pada peraturan agar seluruh ASN ikut upacara Hari Lahir Pancasila. ‘’Dalam kondisi darurat tidak bisa ikut upacara, harus mengirimkan surat izin,’’ tegasnya.

Hanya Sakundoko belum memberi detail sanksi bagi ASN yang mangkir. Dia menyebut secara garis besar merujuk Peraturan Pemerintah (PP) 53/2010 tentang Disiplin ASN. Dia memperkirakan banyak ASN tidak bisa mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila tersebut. Pasalnya, sebagian dari mereka mulai mudik Jumat (31/5), bahkan Kamis (30/5). ‘’Sangat mungkin Kamis sudah ada yang mudik,’’ ujarnya.

Selain itu, Sakundoko pun mewanti-wanti agar ASN tidak menambah jatah masa libur Lebaran. Sehingga, pada hari pertama pasca-cuti bersama Lebaran Senin (10/6) wajib  masuk. Menurut dia, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) telah membuat surat edaran. ‘’Kami diminta memantau kehadiaran ASN,’’ tuturnya.

Bahkan laporan hasil pemantauan tersebut diinput ke website https://sidina.menpan.go.id pada hari yang sama. Paling lambat pukul 15.00. Bagi ASN yang mangkir tanpa alasan yang sah dijatuhi sanksi hukuman disiplin. Pasalnya melanggar kewajiban Pasal 3 Angka 17 PP 53/ 2010 tentang displin ASN. ‘’Penjatuhan hukuman dilaporkan ke Kemen PAN-RB dan ditembuskan ke BKN paling lambat 10 Juni 2019,’’ tambahnya.

Menurut dia, hari pertama kerja nanti tidak berat. ASN sekadar mengikuti kegiatan halalbihalal dengan bupati. Sementara kegiatan berikutnya persiapan pekerjaan seperti hari biasa. Dia berharap ASB menaati ketentuan tersebut. Terlebih cuti bersama disepekati tiga menteri. Yakni Menteri PAN-RB, Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Agama. ‘’Sedangkan aturan wajib ikut upacara Hari Lahir Pancasila diatur dalam Keppres (Keputusan Presiden) 24/2016 tentang Hari Lahir Pancasila,’’ tuturnya. (odi/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close