Ini Lho Komentar BerKAH setelah Resmi Jadi Bupati-Wabup Terpilih

242

GEGER – Pasangan Ahmad Dawami-Hari Wuryanto resmi ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih. Rapat pleno terbuka penetapan keduanya di sekretariat KPU Kabupaten Madiun, Rabu (25/7). Usai penetapan, untuk kali pertama pasangan berjargon BerKAH itu memberikan pidato politik di depan publik. ’’Kami milik warga Madiun, bukan satu orang atau kelompok,’’ kata Kaji Mbing -sapaan akrab Ahmad Dawami- dalam pidatonya.

Menurut Kaji Mbing, capaiannya hingga ditetapkan sebagai bupati terpilih merupakan amanah rakyat. Dia menyebut kemenangan menyisihkan dua kandidat lain bukan milik kubunya. Melainkan kemenangan seluruh warga Kabupaten Madiun. Sebab, mereka bisa saling menghormati dan menyelenggarakan pesata demokrasi secara kondusif sesuai harapan. ’’Tentunya dibantu dukungan aparat keamanan dan pihak berkepentingan lain,’’ ujarnya.

Pihaknya bakal merangkul berbagai kalangan untuk membangun Kabupaten Madiun. Visi dan misi dari kandidat lain yang dirasa baik bakal diakomodasi. Menurutnya, membangun Kabupaten Madiun dalam kurun waktu lima tahun ke depan tidak mudah. Dia berharap bantuan dan dukungan dari berbagai kalangan. Juga mau dan berani untuk mengingatkan bila dirasa keluar jalur. ’’Tentunya kesulitan dari pekerjaan yang berat itu terasa ringan kalau dikerjakan bersama-sama,’’ ucapnya.

Kaji Mbing berharap masyarakat tidak memiliki pemahaman membandingkan antara era kepemimpinannya dengan Bupati Muhtarom. Juga menilai dari segi keunggulannya. Sebab, garis besar mencari kepala daerah baru adalah dalam rangka melanjutkan pembangunan yang sudah berjalan. Pihaknya juga tidak akan mengubah kebijakan yang dirasa sudah baik. ’’Kalaupun ada yang diubah, itu demi kepentingan masyarakat,’’ tuturnya.

Pasangan BerKAH ditetapkan sebagai pasangan bupati dan wabup terpilih berdasar perolehan suara tertinggi hasil penghitungan dengan 162.012 suara atau 40,17 persen. Serta nihil pengajuan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) atas hasil tersebut dan selama penyelenggaraan pilbup. Prosesi penetapan ditandai penandatanganan surat keputusan (SK) oleh lima komisioner KPU dan diserahkan ke pasangan BerKAH.

Rapat pleno kemarin dihadiri Wabup Iswanto dan anggota forkopimda. Juga sejumlah pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) serta camat. Cabup Rio Wing Dinaryhadi turut hadir di kegiatan yang dijaga ketat polisi dengan membawa senapan laras panjang itu. Sedangkan untuk paslon lainnya diwakili oleh partai politik pengusung. ’’Ini sebagai bukti wujud demokrasi yang sesungguhnya,’’ kata Kaji Mbing.

Ketua KPU Kabupaten Madiun Wahyudi menyatakan bahwa landasan penetapan bupati dan wabup terpilih dari register MK. Senin lalu (23/7) pihaknya menerima pemberitahuan bahwa tidak ada gugatan pelaksanaan Pilbup Madiun. Berdasarkan itu, KPU diberi waktu untuk segera melakukan penetapan dalam jangka waktu tiga hari sejak register MK keluar. SK penetapan bupati dan wabup terpilih berlaku per kemarin. Pihaknya segera meneruskannya ke DPRD untuk dirapatparipurnakan. ‘’Kalau tidak hari ini (kemarin, Red), ya besok (hari ini, Red),’’ ujarnya. (cor/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here