Ingin Bahagia di Masa Tua? Lakukan Ini

1286

TIDAK ada yang menolak bahagia di masa tua. Semua orang pasti mau, tapi tidak semuanya mampu. Agar bahagia, tentunya kita mesti memiliki rencana. Inilah yang sering menjadi masalah. Faktanya, 90 persen karyawan Indonesia secara finansial tak siap menghadapi masa tua saat pensiun kelak.

Berdasarkan data World Bank, rata-rata pria Indonesia berumur hingga 69 tahun. Sedangkan perempuan 73 tahun. Sementara, rata-rata masa kerja penduduk Indonesia hanya hingga usia 55 tahun.

Biaya hidup terus meningkat. Kebutuhan biaya selama pensiun pun kian besar. Mempersiapkannya sebaiknya dilakukan sedari dini. Semakin muda Anda mempersiapkan, semakin ringan dana yang perlu Anda sisihkan dari penghasilan setiap bulan atau tahunnya.

Dana tersebut sebaiknya juga tak dibiarkan mengendap di tabungan yang memiliki tingkat keuntungan di bawah inflasi. Sudah saatnya peduli akan rencana ke depan. Kalau mau hidup enak di masa tua, jangan cuek dengan hal-hal ini:

Asuransi kesehatan
Asuransi adalah salah satu bentuk investasi masa depan. Mungkin masih ada yang beranggapan, buat apa bayar tiap bulan tapi belum tentu ada hasilnya. Memang, kita tidak berharap sakit sehingga manfaat asuransi kesehatan bisa dinikmati. Tapi nasib orang siapa yang tahu.

Asuransi dapat melindungi dari kerugian maupun kesulitan keuangan jika hal buruk menimpa. Memiliki asuransi jiwa akan memberikan ketenangan batin. Anda tak lagi kuatir karena mengetahui kondisi keuangan keluarga akan tetap stabil jika sewaktu-waktu ada hal buruk, bahkan kematian menimpa Anda.

Dana pensiun
Begitu purnakerja, tentunya kita akan punya bekal berupa dana pensiun dari kantor berupa pesangon. Namun hitung dulu, cukup tidak pesangon itu untuk hidup bahagia di masa tua?

Dana pensiun bisa menjadi solusi memenuhi kebutuhan hidup pada masa tua. Mulailah mempersiapkan dana pensiun sejak sekarang. Bukan nanti, namun saat ini. Sisihkan secara rutin sekian persen dari pendapatan setiap bulannya, alokasikan uang ini sebagai dana pensiun.

Anda bisa menyimpannya di dalam rekening khusus, atau bahkan membuka tabungan pensiun yang saat ini banyak ditawarkan oleh pihak bank ataupun asuransi.

Investasi
Untuk sejahtera di masa tua, Anda harus memiliki sejumlah investasi, apapun bentuknya. Hal ini juga menjadi poin yang wajib ada di dalam rencana keuangan. Pilih instrumen investasi yang paling tepat dan menguntungkan, sehingga nilainya akan bertambah dan tidak tergerus oleh inflasi.

Untuk bisa berinvestasi dengan baik, Anda juga wajib memiliki pengetahuan yang cukup terkait dengan itu. Ada beberapa instrumen yang bisa Anda pilih. Yakni reksa dana, deposito, investasi emas, dan properti.

Tidak ada kata terlambat, lakukan sekarang. WanaArtha Life merupakan pilihan tepat dalam merencanakan keuangan untuk masa depan Anda. Telah melayani masyarakat Indonesia selama lebih dari 44 tahun sejak didirikan pada 1974.

Merupakan perusahaan asuransi jiwa multinasional terkemuka yang menyediakan aneka produk yang fleksibel serta terjangkau oleh setiap individu dan komunitas. Mengingat masa pensiun pasti tiba, rencanakan keuangan Anda mulai hari ini. (don/isd/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here