AdvertorialNgawi

Ingatkan Masyarakat Tidak Lupakan Sejarah, SMPN 1 Ngawi Tampilkan Legenda Tawun

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Berbagai penampilan disuguhkan tim SMPN 1 Ngawi dalam karnaval HUT ke-74 RI di Alun-Alun Merdeka Minggu lalu (18/8). Mulai tarian tradisional hingga beberapa replika patung simbol Ngawi. Semua itu dikemas dalam tema Legenda Tawun. ‘’Tahun ini kami sengaja ingin menampilkan yang berbeda dari sebelumnya,’’ kata Kepala SMPN 1 Sudaryono.

Sudaryono mengatakan, salah satu tarian yang ditampilkan anak didiknya adalah Tari Kecetan. Juga ada Tari Bulus karya guru SMPN 1 Ngawi Endang Kusriningsih yang telah dipatenkan. ‘’Tarian itu untuk mengenang jasa putra Ki Ageng Matawun yang memperjuangkan nasib para petani saat musim kering,’’ jelasnya.

SMPN 1 Ngawi yang menurunkan sekitar 100 siswa juga menampilkan Tari Penthul Melikan. ’’Semua kami kemas menarik supaya para penonton mendapatkan hiburan sekaligus pemahaman tentang budaya asli Ngawi,’’ ungkapnya.

Pada bagian akhir yang begitu menarik, mereka menampilkan replika patung manusia purba Trinil untuk mengingatkan masyarakat agar tidak melupakan sejarah. ‘’Pesan moralnya harus melestarikan warisan sejarah maupun budaya demi terciptanya Ngawi Ramah yang sejahtera,’’ ucapnya. (ti8/tif/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close