Incar Wilayah Maospati untuk Markas Armada

56

MAGETAN – Keinginan satpol PP dan damkar menambah armada baru, ternyata bukan sekadar untuk peremajaan. Melainkan juga demi efisiensi penanganan kejadian kebakaran. Wacana yang muncul, OPD tersebut bakal membuka cabang UPTD pemadam kebakaran di wilayah Maospati. ‘’Sudah beberapa tahun terakhir tidak ada pengadaan armada baru,’’ kata Kepala UPTD PMK Magetan Wawang Antarikso kemarin (8/2).

Wawang meyakini, dengan adanya cabang UPTD itu, insiden kebakaran bisa lebih cepat tertangani. Saat terjadi kebakaran di wilayah Kecamatan Barat atau Kartoharjo, misalnya, waktu bisa terpangkas separo karena jarak yang lebih dekat. ‘’Kalau dari Magetan Kota paling cepat butuh waktu 30 menit,’’ ujarnya.

Diakuinya, selama ini karena wilayah jangkauan teramat jauh, saat petugas datang api sudah membesar. Bahkan, tidak jarang objek kebakaran sudah menjadi abu sehingga petugas hanya mematikan sisa-sisa api di tempat kejadian perkara (TKP). ‘’Mau bagaimana lagi, karena jaraknya yang ditempuh terlalu jauh,’’ tuturnya.

Wawang mengakui, sejauh ini pihaknya belum memikirkan lokasi untuk markas armada damkar di calon cabang UPTD. Namun, dia meyakini pemkab memiliki aset yang bisa dijadikan tempat. Yang menjadi prioritas saat ini, kata dia, penambahan armada. Apalagi, satu unit mobil damkar sudah uzur dan harus segera dipensiunkan. ‘’Berapa pun yang dimiliki nanti akan dibagi dua. Di markas utama dan Maospati,’’ jelasnya.

Menurut dia, penambahan armada itu untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk. Pasalnya, bukan hanya perumahan warga yang rentan terkena kebakaran. Hutan-hutan di sekitar permukiman juga berpotensi dilalap api. (bel/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here