Ikon Brem Setinggi 3,5 Meter

57

MEJAYAN – Cara unik dilakukan untuk mempopulerkan brem khas Kabupaten Madiun. Pemilik salah satu kafe di Mejayan membuat gunungan berukuran tinggi 3,5 meter dan diamater 1,5 meter dari ribuan makanan rasa manis kecut olahan pelaku usaha asal Desa Kaliabu, Mejayan tersebut. ‘’Tujuannya membuat sebuah ikon. Jadi ketika ada pengunjung yang melihat gunungan ini bisa tahu kalau kabupaten ini punya khas brem,’’ kata Musa Hendri Setiawan, pemilik kafe.

Total ada 1.500 brem yang tertempel pada kerangka yang terbuat dari bambu berpenutup kain. Pertama-tama, membuat sebuah rangkaian dari puluhan brem yang dijahit. Sebelumnya, brem berukuran 3×15 sentimeter tersebut diberi selotip agar kondisinya tidak rusak ketika tertembus jarum. ‘’Kain pada kerangka itu agak tebal sebagai media menempelkan brem biar tidak merosot,’’ kata Agus Setiawan, perancang gunungan.

Sebelum proses merangkai, Agus terlebih dulu membuat kerangkadari bambu apus. Tanaman tersebut cukup kuat untuk menahan brem yang cukup padat. Sebab ribuan brem tersebut bakal terpasang selama setengah tahun. Makanan olahan salah seorang pengusaha asal Kaliabu itu pun khusus. Dibuat dengan ukuran terkecil tanpa menggunakan soda. Sehingga, lebih padat dan kuat. ‘’Walau butuh waktu cukup lama merangkainya,’’ ujarnya sembari menyebut butuh waktu tiga hari rampung perangkaian. (fat/cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here