Idul Fitri Masih 2,5 Bulan Lagi, Tiket KA Lebaran Sudah Ludes

94

MADIUN – Lebaran memang masih 2,5 bulan lagi. Meski demikian, penjualan tiket kereta api (KA) sudah sampai H+10, atau keberangkatan 16 Juni mendatang. Penjualan tertinggi untuk tiket KA dari arah barat seperti Jakarta dan Bandung menuju Daop VII Madiun. Persentase penjualan tiketnya dari H-10 (tanggal 26 Mei) sampai  pertengahan Juni sudah di atas 98 persen. ’’Dari arah sebaliknya masih lumayan banyak, khususnya yang kelas ekonomi,’’ kata Manajer Humas KAI Daop VII Madiun Ixfan Hendriwintoko.

Dari pantauan rail ticket system (RTS), tiket lainnya yang terpantau juga ludes terjual adalah KA Brantas untuk relasi dari Pasarsenen menuju Blitar dan KA Kahuripan relasi Kiaracondong ke Blitar. Namun, itu hanya pada hari dan tanggal tertentu. ’’KA Brantas 26—27 Mei dan 4—11 Juni sudah habis. Tanggal 26—31 Maret dan 1—12 Juni juga ludes terjual,’’ paparnya.

Sementara KA lainnya per 18 Maret pukul 24.00 masih tersedia ribuan kursi kelas ekonomi. Mulai KA Singasari, Brantas, dan Kahuripan. KAI telah menetapkan masa angkutan Lebaran akan dilaksanakan pada H-10 (26 Mei 2019) sampai dengan H+10 (16 Juni 2019) atau selama 22 hari. Pembelian tiket KA pada H-10 telah dilayani sejak 25 Februari. ’’Terus berlanjut hingga pada H+10 yang sudah dilayani pada Senin kemarin, 18 Maret 2019,’’ jelasnya.

Dari penjualan tiket ini, moda transportasi kereta api masih menjadi primadona masyarakat untuk mudik Lebaran. Pihaknya menargetkan Lebaran tahun ini diprediksi ada kenaikan 3 persen dari tahun lalu. Pun, perjalanan mudik kali ini bakal lebih lancar dan tepat waktu. Karena di segmen satu jalur ganda Baron, Sukomoro, Nganjuk, telah dioperasikan. ’’Semoga pihak satker bisa menyelesaikan segmen 2 jalur ganda berikutnya, agar perjalanan KA lebih lancar lagi mengingat pada masa Lebaran akan ada penambahan perjalanan KA,’’ ucapnya.

Ixfan mengimbau  agar masyarakat dapat merencanakan perjalanan mudik dengan baik. Seperti membeli tiket KA di awal waktu. ‘’Yang kehabisan, H-60 akan dibuka penjualan tiket KA tambahan,’’ sebutnya. (mg2/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here