Ibu Berdaya, Keluarga Sejahtera

51

PONOROGO – Kreativitas dan inovasi bisa menjadi kunci untuk hidup lebih sejahtera. Tim Penggerak PKK berkomitmen mendorong masyarakat menelurkan berbagai produk kreatif lewat program One Village One Product. Hal itu ditekankan Ketua TP PKK Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni saat mengunjungi Bazar Produk Unggulan Anyaman Bambu yang diselenggarakan TP PKK Jarak, Siman, kemarin (14/3). ‘’Jarak sudah memiliki produk unggulan. Ini harus diapresiasi dan didukung sebaik mungkin untuk berkembang,’’ kata Wahyuni kemarin.

Wahyuni mengapresiasi berbagai produk yang ditelurkan ibu-ibu PKK Jarak. Para perempuan di desa tersebut mampu berinovasi menelurkan berbagai macam produk. Yang menjadi unggulan, kerajinan anyaman bambu. Dari bambu, warga setempat mampu membuat rinjing, tampah, dan barang lainnya. Berbagai produk tersebut, kata Wahyuni, tentu punya nilai jual. ‘’Produk-produk kreatif dari anyaman bambu ini unggulan dari Jarak. Ketika orang mencari rinjing atau tampah, ya di Jarak,’’ ujarnya.

Tak hanya rinjing, tampah, atau berbagai produk kerajinan dari bambu. Ibu-ibu PKK Jarak juga menelurkan berbagai produk kuliner. Contohnya, kacang sangrai hingga kudapan-kudapan pasar. ‘’Khusus kacang sangrai ini kesukaan Pak Bupati (Ipong, Red),’’ sebut perempuan yang akrab disapa Bu Ipong itu. ‘’Inovasi apa pun itu, kami terus tekankan agar desa mampu berdaya lewat program One Village One Product,’’ tegasnya.

Wahyuni berharap, inovasi yang ditelurkan warga Jarak tidak terhenti sampai bazar kemarin. Melainkan mampu terus menelurkan inovasi baru. Wahyuni juga menyatakan pemkab siap mendukung penuh pengembangan inovasi ibu-ibu Jarak. Baik dalam hal pengembangan keterampilan para ibu maupun pemasaran untuk menjangkau konsumen lebih banyak lagi. ‘’Kami akan bantu informasikan dan pasarkan secara online. Bisa juga diikutsertakan ke pameran. Intinya, supaya ibu-ibu Jarak bisa berdaya dan bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga dan desa,’’ pungkasnya. (naz/c1/fin/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here