Ponorogo

Hutan Pinus Wagir Lor Membara

PONOROGO, Radar Ponorogo – Hutan pinus di Dukuh Dayakan, Wagir Lor, Ngebel, Ponorogo, terbakar mulai pukul 16.00 Rabu (20/11).  Hingga tadi malam, api belum berhasil dipadamkan. Bahkan, sejak pukul 18.00 kobaran mendekati permukiman.

Warga menyebut titik api berasal dari Dukuh Pokoh, Wates, Jenangan. ‘’Sudah kelihatan apinya dari sore. Magrib semakin besar,’’ kata Sri Sunarsih, salah seorang warga Dayakan.

Kabid Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana darah (BPBD) Ponorogo Setyo Budiono menyebut lokasi kebarakan itu memang di perbatasan Desa Wates, Jenangan. Persisnya di petak 108 BKPH Wilis Barat, RPH Ngebel.

Belum diketahui luasnya hutan yang terbakar. Lebatnya hutan pinus disebut jadi kendala untuk memadamkan api. ‘’Kesulitannya karena di lereng. Untuk mengantisipasi agar tidak menjalar ke permukiman, kami padamkan dulu di kawasan lereng. Semoga tidak sampai ke rumah warga,’’ harapnya.

Selain itu, medan menuju lokasi kebakaran cukup terjal dan gelap. Kobaran api dan asap tebal menghambat tim gabungan untuk memadamkan kebakaran secara menyeluruh. Pun belum diketahui pasti penyebab. ‘’Selain petugas BPBD dan damkar, pemadaman juga melibatkan Koramil serta Polsek Ngebel dan Jenangan,’’ jelasnya. (dil/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close