Hujan-Angin Rusak Kamera CCTV

129

NGAWI – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi beberapa hari terakhir tidak hanya merobohkan tanaman padi. Sejumlah kamera closed circuit television (CCTV) milik dinas perhubungan (dishub) yang dipasang di beberapa titik jalan juga mengalami kerusakan akibat cuaca buruk itu.

‘’Detail kerusakannya bagaimana kami belum bisa memastikan, yang jelas tidak connect (tersambung, Red) dengan monitor,’’ kata Kasi Manajemen Rekayasa Bidang Lalu Lintas Dishub Ngawi Sri Suwarno kemarin (19/2).

Saat ini terdapat 28 kamera CCTV dishub di delapan titik pertigaan dan perempatan jalan. Yakni, Banyakan, Kluncing, Kartonyono, Karangasri, Tawun, Kandangan, Ahmad Yani, dan Siliwangi. ‘’Yang kondisinya masih baik hanya di tiga titik yaitu Kluncing, Ahmad Yani, dan Kandangan,’’ sebutnya.

Dugaan sementara, kerusakan sejumlah kamera CCTV itu disebabkan terjangan angin kencang dan hujan deras. ‘’Masih terpasang, tapi tidak berfungsi. Kemungkinan ada kabel yang korslet atau alatnya bermasalah, jadi nggak bisa nyambung,’’ ujarnya.

Suwarno mengaku bakal memerintahkan anak buahnya turun ke lapangan untuk memastikan penyebab kerusakan itu. Pun, tidak menutup kemungkinan mendatangkan teknisi yang biasa menangani kerusakan kamera CCTV. ‘’Itu kalau tingkat kerusakannya parah. Jika hanya rusak ringan bisa kami perbaiki sendiri,’’ tuturnya.

Kalaupun harus menggunakan teknisi khusus, kata dia, tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat. Sebab, pihaknya harus terlebih dulu mengajukan anggaran di perubahan APBD. Apalagi, jika harus mengganti komponen utama kamera pemantau arus lalu lintas tersebut.

Sekadar diketahui, Dishub Ngawi menerapkan sistem pemantauan jalan menggunakan kamera CCTV sejak 2014 lalu. Namun, peranti yang terpasang saat ini merupakan pengadaan tahun lalu. Dengan peralatan tersebut bisa terpantau kepadatan kendaraan di persimpangan jalan tertentu. Juga dibutuhkan untuk mengungkap suatu kasus seperti kecelakaan lalu lintas dan pencurian. ‘’Kalau rusak sebenarnya tidak berpengaruh terhadap kondisi lalu lintas, hanya kinerja kami yang terkendala,’’ ucapnya. (tif/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here