Hujan-Angin Mengamuk, Satu Rumah Rusak, Belasan Pohon Tumbang

134

NGAWI – Hujan disertai angin kencang melanda tiga dusun di Desa Jeblogan, Paron, kemarin sore (15/1). Meski hanya berlangsung beberapa menit, derasnya hujan dan kencangnya embusan angin mengakibatkan sebuah rumah warga rusak parah.

Hujan-angin kali ini juga mengakibatkan belasan pohon tumbang. Sejumlah lahan padi tak luput dari terjangan angin hingga nyaris rata tanah. ‘’Kencang sekali anginnya,’’ kata Subana, warga yang rumahnya ambruk, kemarin (15/1).

Dikatakan Subana, hujan-angin itu terjadi sekitar pukul 16.30. Libasan angin terjadi kurang dari dua menit. Namun, saking kencangnya, rumah Subana yang baru selesai direnovasi dua pekan lalu hancur berantakan. Selain tertimpa pohon di belakang rumah yang tumbang, atap rumahnya doyong. ‘’Karena baru direnovasi, saya sementara tinggal di rumah saudara,’’ ujarnya.

Pantauan Radar Ngawi, belasan pohon di pinggir jalan Desa Jeblogan bertumbangan. Beberapa di antaranya ambruk melintang di badan jalan. Sejumlah warga bahu-membahu memangkas pohon yang roboh.

Batang pohon yang besar dipotong dengan gergaji mesin. Beberapa menit kemudian, akses jalan pun kembali normal. ‘’Info dari teman-teman perangkat desa, pohon yang roboh karena angin tersebar di tiga dusun,’’ kata Kasun Kluweng Maryono.

Ketiga dusun itu adalah Sumbersari, Jeblogan, dan Kluweng. Selain menumbangkan belasan pohon, angin kencang juga mengakibatkan listrik di Dusun Kluweng padam. ‘’Mungkin ada kabel yang putus tertimpa pohon,’’ paparnya.

Sementara, lahan padi yang rusak akibat terjangan angin ditaksir lebih dua hektare. Padi-padi yang sudah menguning tersebut dipastikan bakal dipanen kendati belum saatnya. ‘’Iya, ini (padi nyaris rata tanah, Red) juga karena angin,’’ kata Kades Jeblogan Suyoto. (mg8/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here