Magetan

Hujan Angin, Banyak APK Ambruk

MAGETAN – Puluhan alat peraga kampanye (APK) milik sejumlah calon legislatif (caleg) roboh setelah diterpa hujan disertai angin kencang sejak Minggu lalu (17/2). Terpantau, robohnya APK karena tidak kuat menahan intensitas hujan yang tinggi di beberapa wilayah.

Terkait lokasi penempatan APK, kebanyakan dari baliho yang roboh dipasang di persimpangan lampu merah. Tempat tersebut memang dianggap strategis oleh para caleg untuk berkampanye visual.

APK caleg yang berada di sejumlah ruas pinggir jalan juga dijumpai banyak yang ambruk. Setidaknya ada satu sampai dua yang roboh atau rusak. Hanya, sampai dengan kemarin (19/2) belum ada langkah dari Bawaslu Magetan untuk menertibkan APK yang roboh karena diterpa angin kencang tersebut. ‘’Kami tidak bisa langsung menertibkan. Karena sesuai peraturan setiap dua pekan sekali ada giat penertiban bersama,’’ kata Ketua Bawaslu Magetan Hendrad Subyakto.

Sebagai tindak lanjut, Hendrad mengaku bakal melayangkan surat peringatan kepada para pemilik APK tersebut. Dengan harapan, APK milik mereka yang roboh dapat dibenahi sendiri. ‘’Untuk penertiban dan penindakan, semua sudah ada mekanismenya sendiri. Jika terdapat kondisi urgen, kami coba konfirmasi kepada pemilik APK untuk dilakukan pembenahan,’’ terang mantan ketua KPU Magetan itu.

Terpisah, Kasi Opsdal Satpol PP Magetan Khamim Basori mengaku menunggu instruksi dari pihak bawaslu terkait penertiban sejumlah APK caleg yang rusak dan ambruk. Dia berharap pemasangan APK dilakukan sesuai prosedur. ‘’Tugas kami hanya membantu bawaslu. Karena itu, penindakan bukan ranah hukum satpol PP,’’ tandasnya. (mgc/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close