Magetan

Hotel Karantina Hanya Alternatif Solusi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Bupati Magetan Suprawoto angkat bicara lagi soal rencananya menyewa hotel karantina. Dia menyebut hanya antisipasi jika terjadi lonjakan pasien setelah uji swab dilakukan di RSUD dr Sayidiman Magetan mulai dua pekan ke depan. ‘’Itu hanya salah satu alternatif,’’ kata Kang Woto, sapaan akrab Suprawoto, Kamis (8/10).

Menurut dia, juga agar bisnis perhotelan di Magetan berjalan selama pandemi Covid-19. Hotelnya juga tidak asal-asalan. Lokasinya harus jauh dari permukiman, menerapkan protokol kesehatan, dan tarifnya sesuai kemampuan. ‘’Beberapa alternatif harus disiapkan dan dihitung,’’ jelas Kang Woto sebelumnya.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Magetan Suwito menambahkan, hotel karantina sebagai alternatif solusi jika fasilitas pelayanan kesehatan, khususnya isolasi,  overload. Sehingga, perawatan pasien terkonfirmasi Covid-19 tetap optimal. ‘’Untuk itu, perlu koordinasi dengan berbagai pihak terkait kesiapan sarpras penunjangnya,’’ ujarnya.

Suwito mengungkapkan, bupati mendengarkan berbagai masukan dari banyak pihak terkait rencana itu. Sedangkan dinas kesehatan (dinkes) diklaim tidak berseberangan dengan kebijakan bupati. Buktinya, dinkes telah mendata hotel yang layak untuk karantina.

Antisipasi itu mempertimbangkan masa pandemi yang belum berakhir. Tren kasus Covid-19 di Magetan juga masih meninggi. Harapannya, pemkab lebih siap menghadapi situasi terburuk. ‘’Pemerintah sebenarnya sangat berharap Covid-19 segera bisa dikendalikan. Pemkab Magetan juga berencana mendatangkan mobil PCR untuk mempercepat uji lab Covid-19,’’ tuturnya. (odi/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close