EkonomiMadiun

Hotel Ibis Masuk, Investasi Capai Rp 80 M

MADIUN – Predikat Kota Madiun sebagai kota perdagangan dan industri (gadis) memang sudah klise.

Lebih menggeliat sekarang memang sektor jasa. Hanya dalam dua bulan, yakni Januari dan Februari tahun 2019, realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) Kota Karismatik mencapai Rp 114 miliar. ’’Paling besar sekarang memang pada jasa dan perdagangan,’’ ujar Kabid Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koperasi dan Usaha Mikro (DPMPTSP dan KUM)  Kota Madiun Marsikin.

Kata dia, perdagangan itu sudah termasuk sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dia menjelaskan, pada sektor jasa dan pariwisata potensinya dari beberapa tahun terakhir terus naik. Terbukti dari okupansi hotel di Kota Madiun yang mewakili komoditas jasa juga mengalami kenaikan. ’’Keberadaan investor tentu berdampak langsung pada proses pembangunan. Sebab, nilai investasi yang masuk mendapat pendapatan daerah,’’ jelasnya.

Dia menambahkan, dampak positif lainnya yang berkurangnya angka pengangguran terbuka. Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun Jawa Pos Radar Madiun, jumlah PMDN pada triwulan I mencapai Rp 114 miliar. Rinciannya sekitar bulan Januari Rp 64 miliar, Februari Rp 50 miliar.

Kepala DMPTSP dan KUM Kota Madiun Harum Kusumawati, mengatakan investasi di kota Madiun mengalami fluktuatif. Paling tinggi pada tahun 2017. Angkanya mencapai Rp 1,3 triliun. Sedangkan pada tahun 2018 mencapai Rp 900 miliar dalam setahun. Dia menambahkan, pada tahun 2019 ini diperkirakan ada satu hotel berbintang yang akan berinvestasi di Kota Madiun. ‘’Benar, Hotel Ibis dengan empat lantai akan dibangun di Jalan Agus Salim, Manguharjo, dengan nilai investasi  mencapai Rp 80 miliar,’’ jelasnya.

Harum menjelaskan, PMDN tahun ini ditargetkan sebesar Rp 366 miliar. Dia menjelaskan, pemkot terus membuka keran bagi investor. Investasi dalam sepuluh tahun terakhir, kata Harum, sejak tahun 2009 hingga 2018 menunjukkan peningkatan fantastis. ‘’Capaiannya Rp 5 triliun, itu menunjukkan tren positif,’’ pungkasnya. (mgd/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close