Hotel Berbintang Haram Dibangun

90

PACITAN – Berstatus sebagai daerah pariwisata. Namun, pengusaha di Pacitan tak bisa sembarangan membangun prasarananya. Salah satunya hotel. Terlebih hotel berbintang. ‘’Di wilayah geoset, diupayakan tak boleh dibangun hotel berbintang,’’ kata Kasi Pembinaan Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Pendidikan Pacitan Pratama Viverenta Basuki kemarin (10/3).

Aviv, sapaan akrabnya, menyebut terdapat 13 wilayah geoset di pacitan. Yakni, Pantai Buyutan, Pantai Klayar, Gua Gong, situs cagar budaya Rinjangan, Telaga Guyang Warak, Gua Song Terus, Gua Tabuhan, Kali Bak Soko, Pantai Watukarung, Pantai Srau, Teluk Pacitan, serta Gua Luweng Jaran dan Gua Ombo. Wilayah tersebut masuk geopark UNESCO bersanding dengan dua kabupetan lainnya. Di wilayah tersebut pun haram dibangun hotel berbintang.

Meski dilarang pembangunan hotel berbintang, untuk kelas homestay dan penginapan masih diizinkan. Pasalnya, hal tersebut berkaitan dengan ekonomi masyarakat wilayah geoset. Sedangkan pembangunan hotel berbintang, dikhawathirkan bakal mematikan usaha homestay warga lokal. Padahal, peningkatan taraf ekonomi wilayah geoset jadi syarat validasi pengajuan cagar alam tersebut. ‘’Ada banyak syarat lainnya. Tahun ini kami akan ajukan validasi lagi terkait kelayakan wilayah. Semoga masih dapat,’’ ucapnya.

Tak hanya peningkatan sektor ekonomi. Konservasi alam di wilayah geopark juga jadi syarat validasi. Alasan itu membuat pihaknya menyarankan tak ada eksploitasi tambang di wilayah geopark. Termasuk izin analisis dampak lingkungan (amdal) dan masalah lain. ‘’Namun kami optimistis revalidasi kali ini akan mulus,’’ yakinnya.

Diketahui, sejak 2009 cagar alam tersebut telah dibentuk. Saat itu berjuluk Geopark Pacitan. Namun lantaran luas wilayahnya kurang, sehingga gagal saat diusulkan ke UNESCO. Enam  tahun kemudian, pada  2015, Pacitan bergabung dengan dua kabupaten lain. Yakni Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah dan Gunungkidul, DIJ. Sehingga, jadilah Geopark Gunung Sewu UNESCO Global Geopark.

Sementara tahun ini bakal dilakukan revalidasi terkait kelayakan status tersebut. ‘’Kalau kartu hijau kita lanjut, kartu kuning harus kita perbaiki, kalau merah kita gagal,’’ beber Aviv. (mg6/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here