Hoaks Kelangkaan Elpiji Tiga Kilogram di Pacitan

18
NIHIL TEMUAN: Petugas gabungan sidak hingga pangkalan merespons isu kelangkaan tabung elpiji tiga kilogram di Pacitan.

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Isu kelangkaan tabung gas elpiji tiga kilogram di Pacitan dalam beberapa hari terakhir tidak terbukti. Nihil temuan mencurigakan hasil inspeksi mendadak (sidak) tim gabungan di sejumlah lokasi Jumat (20/9). ‘’Stok elpiji masih mencukupi,’’ kata Kabag Perekonomian Setdakab Pacitan Mulyono.

Sasaran sidak personel dari dinas perindustrian dan perdagangan (disperindag), satpol PP, dan polisi adalah stasiun pengisian dan pengangkutan bulk elpiji (SPPBE), agen, dan pangkalan. Lokasi dituju adalah yang paling merebak isu kelangkaan. ‘’Kalau di tingkat pangkalan, permasalahannya hanya waktu pengiriman yang sedikit terlambat,’’ ujarnya.

Menurut Mulyono, keterlambatan distribusi tabung gas membuat warga berlomba-lomba mendapatkannya. Fenomena wajar karena bahan bakar untuk memasak itu menjadi kebutuhan penting. Apalagi, tingkat konsumsinya mengalami peningkatan. Antisipasi dilakukan agar tidak ada gejolak. ‘’Kami mengajukan tambahan suplai elpiji fakultatif 5.720 tabung, bertahap sampai akhir bulan nanti,’’ terangnya.

Titik rawan berpotensi kelangkaan adalah pangkalan. Tanggung jawab pemkab untuk mengontrolnya. ‘’Pangkalan yang melayani pembeli dengan kupon, diperbolehkan. Asal tujuannya sebatas menertibkan antrean pembeli di wilayah pangkalan,’’ paparnya. (den/c1/cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here