Hindari Razia, Pengendara Nyaris Tabrak Polantas

124

PACITAN – Operasi rutin Satlantas Polres Pacitan kemarin (6/2) diwarnai aksi nekat para pengendara sepeda motor yang menghindari razia. Mereka memilih berputar balik meski di tengah jalur padat. Bahkan, satu di antaranya menerobos kegiatan petugas di Jalan KH Agus Salim itu.

Pengendara yang melaju dari arah Kelurahan Pacitan tersebut tampak memacu kencang kendaraannya. Sempat dihadang petugas untuk berhenti, namun pengendara berpakaian serbahitam itu justru menambah kecepatan.  Salah seorang petugas nyaris terserempet. Sementara pengendara sepeda motor Honda CB itu berlalu tidak menghiraukan teriakan polisi.

Beberapa pengendara lain yang terlambat menyadari ada razia memilih putar balik. Beberapa kendaraan bahkan nyaris bertabrakan. Sementara beberapa pengendara lain yang tak memiliki kelengkapan berkendara terpaksa ditilang. ‘’Tadi gak punya SIM dan lampunya mati,’’ kata Riski, salah seorang pengendara yang kena tilang.

Meski telah berusia 19 tahun, Riski belum pernah mengikuti ujian untuk mendapatkan SIM. Padahal, sejak beberapa tahun terakhir dia sudah mengendarai sepeda motor. Jarak tempuh yang jauh jadi alasan pemuda asal Tulakan tersebut menggunakan motor. Tak jarang dia ke Pacitan (kota). ‘’Sekolah memang di Tulakan,’’ ujar lulusan SMA tahun lalu itu.

Surat tilang juga harus diterima Nurul. Bahkan, dia terpaksa pulang jalan kaki lantaran tak membawa surat kelengkapan kendaraan dan SIM. Selama razia kemarin, petugas menindak 30 pengendara sepeda motor dengan berbagai pelanggaran. Mayoritas tidak memiliki SIM. Pun tiga kendaraan terpaksa diangkut lantaran tak dilengkapi surat-surat. ‘’Nanti diambil,’’ kata Nurul. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here