Hidupkan Lagi New Magetan Theatre

55
TEMPAT PENTAS: New Magetan Theatre yang berada di lantai dua Pasar Baru Magetan bakal direnovasi dalam waktu dekat setelah bangunan itu lama mangkrak.

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Fasilitas di Pasar Baru Magetan (PBM) terus dibenahi. Mulai pembangunan mal pelayanan publik (MPP) hingga rencana renovasi New Magetan Theatre yang berada di lantai dua pasar tersebut.

Pantauan wartawan koran ini, sampai dengan Minggu (18/8) belum ada sama sekali pekerjaan di lokasi tersebut. Kondisi bioskop yang dibangun pada 1991 itu masih terlihat kotor. Banyak kotoran kelelawar berserakan di lantai bangunan tempat nonton film itu. Tempatnya juga gelap. ‘’Sekarang masih proses pelelangan,’’ kata Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan Bambang Joko Purnomo.

Kendati demikian, konsep renovasi bioskop lawas itu sudah dibuat. Hanya, Bambang belum bersedia membeberkannya ke publik. Dia berdalih karena proses lelang belum kelar. Yang jelas, konsep renovasi mengacu pada keberadaan atau kondisi bioskop tersebut.

Misalnya melihat apa saja fasilitas yang masih dapat dipakai atau mana yang perlu diganti karena sudah rusak. Namun, konsepnya tak jauh dari layar lebar atau panggung pementasan. Tetapi, kata Bambang, itu semua bergantung dari hasil lelang. ‘’Biar ada pekerjaan dulu,’’ ujarnya.

Dia menyebut kebutuhan anggaran untuk renovasi bioksop itu mencapai Rp 600 juta. Selain dipakai untuk memperbaiki dinding dan mengganti atap bangunan yang sudah bocor, beberapa fasilitas di dalam bioskop juga bakal diganti. Seperti jok kursi penonton sebanyak 468 unit. Serta, penataan lampu panggung dan sound system. ‘’Angan-angan untuk memanfaatkannya sudah ada, tapi kondisi bangunannya kan belum siap,’’ ungkap Bambang.

Seperti diketahui, New Magetan Theatre sebelumnya dikelola oleh PT Bahtera Perdana Dinamis Sejati. Sebuah perusahaan yang dulu mengerjakan pembangunan PBM pada 1991. Sebagai kompensasi dari hasil pekerjaan, perusahaan itu kemudian diberikan kewenangan oleh pemkab untuk mengelola lantai dua PBM dengan sistem build operate transfer (BOT).

Tetapi, Bambang mengaku sampai saat ini belum jelas keberlangsungan pengelolaan bioskop tersebut pascarenovasi nanti. Namun, pemanfaatan bangunan itu bakal melibatkan para pelajar dan seniman di Magetan. ‘’Mungkin minggu ini sekolah A, minggu depannya lagi sekolah B. Semuanya bisa diatur. Ada jadwalnya,’’ terangnya. (bel/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here