Heri Susanto, Pencipta Aplikasi Guru Les Privat

57

PONOROGO – Imajinasi Heri Susanto sukses mencipta GO-PAT. Sebuah aplikasi yang mengubungkan orang tua dan murid dengan guru les privat. Kreativitas guru tidak tetap (GTT) itu terus mendapat apresiasi. Sebanyak 50 guru les privat telah terdaftar dan aplikasi buatannya telah diunduh ratusan kali.

……….

SEJAK dulu, siswa butuh tambahan bimbingan belajar di luar sekolah. Tradisi les privat terus dibutuhkan sampai kini. Umumnya, transaksi ini dimulai dari mulut ke mulut. Tetapi, kreator asal Carangrejo, Sampung itu berhasil mendekatkan pertemuan antara guru les privat-murid melalui dunia maya. Dia membuat aplikasi GO-PAT sejak setahun lalu. ‘’Masih perlu banyak pengembangan dan penyempurnaan,’’ ujarnya, Jumat (12/4).

Heri mendapat inspirasi membuat aplikasi dari murid-muridnya di Sampung. Tak banyak yang menggunakan jasa les privat dibanding di perkotaan. Sementara, sudah banyak bermunculan aplikasi jasa transportasi online yang bisa digunakan dengan mudah melalui gawai. Heri pun terinspirasi membuat aplikasi yang dapat menjembatani murid dan guru. ‘’Dibantu seorang teman, kami dua bulan mengerjakan aplikasi ini. Gagal berkali-kali sudah biasa,’’ kata GTT di SDN Pagerukir, Sampung, itu lantas terkekeh.

Untuk saat ini, GO-PAT baru tersedia di platform android. Ada dua jenis aplikasi GO-PAT. Pertama, ditujukan untuk guru yang bisa memberikan jasa les privat. Kedua, untuk murid yang hendak mencari guru privat. Masyarakat bisa mengunduh kedua jenis aplikasi tersebut melalui playstore. Pendaftarannya pun mudah. Cukup mengisi identitas, bisa langsung memesan les privat sesuai jadwal dan materi yang diinginkan. ‘’Nanti secara otomatis aplikasi akan mendeteksi guru les mana saja yang aktif,’’ terang Heri.

Satu jam les privat melalui GO-PAT dipatok tarif Rp 25 ribu. Guru yang hendak mendaftar, kata Heri, perlu mengisi saldo minimal Rp 50 ribu sebagai biaya jasa aplikasi. Saat ini, sudah 50 guru terdaftar. Sementara aplikasi sudah diunduh sebanyak 500 kali. Heri senang aplikasinya dapat menjembatani transaksi jasa les privat itu. ‘’Saya sangat berharap aplikasi ini dapat membantu di dunia pendidikan,’’ imbuhnya. (naz/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here