Herald Claren Bala Pukau Armand-Titi DJ di The Voice Indonesia

37
BERBAKAT: Herald berpose bersama Titi DJ di sela audisi The Voice Indonesa 2019 di Jakarta.

Kota Madiun tidak pernah kekurangan penyanyi muda berbakat. Terbaru, Herald Claren Bala lolos audisi The Voice Indonesia. Saat ini, remaja 16 tahun itu tengah menunggu polesan Titi DJ.

===================

NILAM RIFIA SAVITRI, Madiun, Jawa Pos Radar Madiun

BAIT demi Bait lagu Lost Boy milik Ruth B itu dibawakan dengan apik oleh Herald Claren Bala. Bahkan, belum genap satu menit Herald menyanyi, Armand Maulana langsung memencet tombol. Bersamaan itu, kursi vokalis Gigi Band itu berputar mengarah ke panggung.

Dengan ekspresi penuh penghayatan, Herald terus bernyanyi sebelum akhirnya Titi DJ memencet tombol beberapa saat menjelang lagu berakhir. Bersamaan gemuruh tepuk tangan penonton, Armand dan Titi kompak berdiri memberikan standing applause.

Momen itu terjadi saat Herald mengikuti blind audition The Voice Indonesia –ajang pencarian bakat di salah satu stasiun televisi nasional- beberapa hari lalu. ‘’Saya merinding, kamu menyanyi dengan rasa,’’ kata Armand mengomentari cara Herald bernyanyi.

Suaranya yang halus juga membuat Titi DJ memilih Herald masuk timnya. ‘’Saya sangat menikmati nyanyian kamu. Kamu nyanyi begitu sabar, kamu membuat lagu ini jadi sangat indah,’’ ujarnya. ‘’Kamu tahu porsi bernyanyi sehingga tidak tergoda untuk improvisasi berlebihan,’’ imbuhnya.

Keikutsertaan Herald dalam The Voice Indonesia berawal dari anjuran salah seorang guru les nyanyinya. Mei lalu, remaja 16 tahun itu pun bertolak ke surabaya diantar kedua orang tuanya untuk mengikuti audisi tahap pertama. ‘’Berangkat sehari sebelum audisi. Menginap semalam di hotel,’’ tuturnya.

Keesokan harinya Herald bersiap dari pagi untuk audisi. Turun ke lobi bawah sekitar pukul 08.00, dilihatnya peserta sudah membeludak. Dia harus mengantre lama sebelum akhirnya mendapat giliran tampil pukul 15.00. ‘’Ternyata lolos. Saya lalu diminta mengisi data diri. Setelah itu, disuruh masuk lagi untuk audisi tahap dua, videobooth, direkam’’ kenangnya.

Pada audisi tahap kedua itu Herald bernyanyi diiringi player elekton dan di-record. Satu lagu selesai dibawakan, ternyata juri memintanya menyanyi lagi. ‘’Waktu itu nyanyi lagu barat, terus disuruh nyanyi lagi lagu Indonesia,’’ katanya.

Herald pesimistis lantaran tidak mempersiapkan lagu berbahasa Indonesia. Apalagi, dia sempat lupa lirik hingga membuat juri menampakkan raut wajah datar. ‘’Sesudah itu pulang, nunggu kabar via e-mail dan telepon dari The Voice,’’ terangnya.

Tak disangka, akhir Juni lalu Herald mendapat kabar bahwa dirinya lolos ke Jakarta mengikuti audisi tahap selanjutnya, yakni blind audition. ‘’Tidak menyangka lolos tahap selanjutnya. Ortu juga seneng banget,’’ ucap warga Jalan Nusa Penida, Kota Madiun, itu.

Bagi Herald, lolos blind audition merupakan surprise. Pasalnya, putra pasangan Herman Bala dan Detalia Liu itu selama ini jarang mengikuti kompetisi menyanyi. ‘’Sempat ikut lomba waktu SD dan SMA. Saat SMP tidak pernah sama sekali,’’ ungkapnya. *** (isd/c1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here