Ngawi

Hendak Bikin Konten Video Temukan Mortir

Terpendam di Dasar Bengawan Madiun

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Perburuan logam yang dilakukan Dwi Yuli Nardiyansah dan beberapa rekannya pada Minggu sore (2/8) berbuah temuan mengejutkan. Mereka mendapati benda diduga mortir terpendam di aliran Bengawan Madiun masuk Kelurahan Ketanggi, Ngawi.

Awalnya, metal detektor milik Dwi dan timnya berbunyi saat menyisir tepian kali. Setelah diambil menggunakan tangan kosong, didapati sebuah benda berbentuk lonjong. ‘’Barangnya sudah berkarat dan bercampur lumpur,’’ ujarnya sembari menyebut perburuan logam itu dilakukan untuk bahan konten kanal YouTube-nya.

Setelah diangkat, benda tersebut dibawa pulang dan dimasukkan ke ember. Tidak lama berselang, temuan itu pun mengundang perhatian warga sekitar. ‘’Rencananya memang setelah kami bawa pulang akan kami laporkan ke pihak terkait untuk diamankan,’’ katanya.

Kapolsek Ngawi AKP Khristanto Widhy Nugroho mengungkapkan, setelah mendapat laporan dari warga tentang adanya temuan mortir tersebut pihaknya langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan mengamankan lokasi. ‘’Kami baru mendapat laporan kemarin siang (3/8),’’ ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan tim Jihandak Brimob Detasemen C Madiun. ‘’Dari hasil identifikasi, mortir tersebut masih dalam kondisi aktif walaupun sudah berkarat,’’ sebutnya.

Mortir tersebut memiliki diameter 25 sentimeter dan panjang 30 sentimeter. Sedangkan beratnya sekitar lima kilogram. Benda itu diperkirakan amunisi senjata pesawat tempur di masa lampau. ‘’Diperkirakan masih bisa meledak, karena pemantiknya masih ada,’’ ungkapnya. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close