Madiun

Hasil Swab Test Kedua RSUD dr Soedono, Positif 16 Sembuh 16

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Garda terdepan yang terinfeksi Covid-19 terus bertambah. Kasus terbaru, 16 tenaga kesehatan (nakes) RSUD dr Soedono terkonfirmasi positif Covid-19 Selasa (29/9). Itu setelah hasil swab test kedua terhadap 127 nakes yang masuk list tracing (pelacakan) keluar.

Direktur RSUD dr Soedono Madiun dr Bangun Trapsila Purwaka menguraikan, dari hasil swab test kedua diketahui 15 nakes terkonfirmasi. Sementara 112 negatif. Satu nakes yang terkonfirmasi berasal dari luar tracing. Nakes itu menjalani swab test mandiri dan hasilnya terkonfirmasi. ‘’Jadi, swab test yang kedua itu dari 127 nakes, hasilnya 15 terkonfirmasi. Tambah satu terkonfirmasi dari luar tracing,’’ kata Bangun.

Seluruh nakes isolasi mandiri sembari menantikan hasil swab test kedua keluar. Sebelumnya, dari swab test pertama seluruhnya dinyatakan negatif. Rencananya, ke-16 nakes yang terkonfirmasi itu bakal dijemput. Selanjutnya dirawat di ruang isolasi rumah sakit Pemprov Jatim ini. ‘’16 yang baru ini, insya Allah hari ini kami tangani (rawat, Red),’’ ujarnya.

Awalnya hanya satu nakes dari instalasi gizi yang terkonfirmasi positif. Selanjutnya,  dari hasil tracing ditemukan 15 nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19. Seluruh nakes itu telah dirawat di ruang isolasi terlebih dahulu. Bangun memastikan kondisi 16 nakes yang lebih dulu terkonfirmasi kondisinya membaik. Rencananya pekan ini dapat kembali ke rumah masing-masing. ‘’Yang 16 nakes konfirmasi dulu itu, insya Allah hari ini (kemarin, Red) atau besok (hari ini) boleh kembali ke rumah,’’ terangnya.

Seluruh nakes tambahan kasus baru itu berasal dari berbagai instalasi. Bangun memastikan tidak ada yang berasal dari unit ruang isolasi pasien Covid-19. Pun, sejauh ini nakes yang menangani pasien Covid-19 nihil terinfeksi severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). ‘’Kami pastikan tidak ada yang berasal dari ruang isolasi,’’ tegasnya.

RSUD Soedono berencana mendatangkan reagen atau kit pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) akhir Oktober ini. Sehingga dapat melakukan pemeriksaan swab test rutin terhadap nakes. Diperkirakan bisa melakukan swab test sebanyak 180 kali. ‘’Tapi ya tidak bisa barengan. Tetap bertahap,’’ sebutnya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close