Hasil Drawing Piala Indonesia Zona Timur 1, Persinga Ditantang Persebaya

236

NGAWI – Siapa lawan Persinga di babak 32 besar Piala Indonesia? Akhirnya, sudah terjawab. Hasil drawing di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, kemarin (8/1), Laskar Ketonggo bakal melawan Persebaya Surabaya. Sistemnya, home dan away!

Persinga berada di zona timur 1 yang dihuni delapan tim. Selain Persinga kontra Persebaya, juga ada Barito melawan PSS Sleman, Blitar United versus Bali United, dan Persela Lamongan versus Persik Kendal (selengkapnya lihat grafis). Jika diukur dari kasta, Persinga merupakan satu-satunya tim dari kasta terendah. Ya, musim ini klub yang ber-home base di Stadion Ketonggo itu berkompetisi di Liga 3 Nasional. ’’Siapa pun pasti bisa menilai bagaimana peluang kami ketika harus menghadapi Persebaya,’’ kata CEO Persinga Dwi Rianto Jatmiko.

Pria yang akrab disapa Antok itu menambahkan, sebuah konsekuensi ketika berada di babak 32 besar Piala Indonesia, lawan sudah pasti tim-tim kuat. Sebab, turnamen ini memang mempertemukan tim-tim dari berbagai kasta. Menurutnya, yang patut dibanggakan sekarang capaian dari Persinga. Sebagai tim dari kasta Liga 3 Nasional mampu lolos sampai 32 besar. ’’Ini prestasi yang membanggakan, optimistis itu pasti, setidaknya kami harus berjuang lebih dulu,’’ ujarnya.

Dari head-to-head kedua tim, Persinga dan Persebaya sama-sama pernah bersua pada Liga 2 tahun 2017. Saat itu, Persinga mampu menahan imbang Persebaya di Stadion Ketonggo dengan skor 1-1. Namun, ketika bermain away di Gelora Bung Tomo, Persinga dihajar 4-0. Musim ini sudah beda dari sisi kekuatan. Persebaya berlaga di Liga 1 dan berhasil finis di peringkat ke-5. Sedangkan, Persinga tidak mampu promosi. Laskar Ketonggo gagal memenuhi ekspektasi promosi. ’’Kami akan tetap berusaha, semua demi Persinga dan warga Ngawi,’’ ucapnya.

Menurut Antok, ada dua hal yang harus disiapkan. Pertama mengenai persiapan infrastruktur atau sarana-prasarana untuk menjamu Bajol Ijo. Sebab, dalam babak 32 besar nanti format pertandingan akan digelar home-away. Artinya, pada leg pertama Persinga akan menjadi tuan rumah. ‘’Kami memang sangat kesulitan ketika menjamu tim dengan suporter dalam jumlah besar,’’ ungkapnya.

Dalam waktu dekat ini Antok akan segera melakukan koordinasi dengan pihak panitia pertandingan. Termasuk dengan pihak kepolisian. Pihaknya tidak ingin laga antara Persinga melawan Persebaya nanti tidak disaksikan penonton seperti saat Liga 2 lalu. Kedua, Antok berjanji akan mempersiapkan timnya sebaik mungkin. Dalam regulasi PSSI, dalam babak 32 besar ini masing-masing tim boleh menambah pemain. ’’Kami akan segera diskusikan bersama pelatih dan manajer. Jika memang harus nyari pemain supaya lebih maksimal, akan kami lakukan,’’ katanya.

Manajer Persinga Didik Purwanto tetap optimistis timnya mampu melanjutkan tren positif dan melaju ke babak selanjutnya. Performa anak asuh Fahmi Amiruddin di ajang Piala Indonesia yang cukup meyakinkan jadi salah salah satu alasannya. Di mana timnya mampu mengalahkan dua klub besar yang notabene bermain di kasta lebih tinggi dari Persinga. Yakni, Persis dan Persegres. ’’Intinya Persinga tetap optimistis bisa menembus babak selanjutnya,’’ tegasnya. (tif/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here