Madiun

Haris Palsu Teror ASN, Minta Imbalan Janjikan Promosi Jabatan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pencatutan nama pejabat kembali terjadi di Kota Madiun. Setelah Kepala Kemenag Kota Madiun Ahmad Munir, kini giliran Haris Rahmanudin.

Nama kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Madiun itu dicatut penelepon gelap. Menyasar aparatur sipil negara (ASN) di Pemkot Madiun. ‘’Sudah dua orang yang dihubungi,’’ ujar Haris.

Laporan pertama, seorang ASN dihubungi seseorang yang mengatasnamakan dirinya Selasa lalu (6/10). Penelepon gelap itu menjanjikan bakal menawarkan promosi kenaikan jabatan melalui Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). ‘’Lewat telepon mengaku sebagai saya, kemudian menjanjikan jabatan,’’ bebernya.

Maksud tidak baik itu diembel-embeli permintaan uang untuk biaya pelantikan. Penelepon gelap itu belum sempat menyebutkan besaran. Namun berjanji uang bakal dikembalikan pasca pelantikan. ‘’Minta uangnya berapa, tidak disebutkan,’’ kata Haris.

Selang sehari, penelepon gelap ASN lain di Kelurahan Kejuron, Taman. Namun, permintaan penelepon gelap itu tidak ditanggapi. ‘’Yang dihubungi sudah tahu kalau itu penipuan,’’ tuturnya.

Ternyata, aksi tipu-tipu serupa sudah terjadi awal tahun lalu. Beberapa kali Haris menerima laporan dari ASN. Modusnya sama, menawarkan promosi jabatan dengan meminta imbalan. ‘’Awal tahun ini juga ada yang mengaku pegawai BKD. Setelah korban melapor, kami cek nama pegawai itu tidak ada,’’ terangnya.

Haris heran, di era keterbukaan informasi ini masih saja ada yang coba mengelabui. Dia mengingatkan seluruh ASN tidak tertipu dengan aksi serupa. Dia juga memastikan pelantikan jabatan prosedural. ‘’Kami minta seluruh ASN mengabaikan jika ada yang menawarkan jabatan dengan imbalan,’’ pesannya.

Haris juga meminta setiap ASN cepat melapor ke BKD jika mendapati kasus serupa. Imbauan itu juga disampaikan ke seluruh peserta seleksi CPNS 2019 yang tinggal menantikan pengumuman kelulusan. ‘’Prinsipnya, semuanya berdasarkan ketentuan dan aturan yang berlaku. Seluruh ASN saya kira sudah tahu itu,’’ ucapnya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close