Hari Kedua PPDB SMPN Pacitan Diwarnai Cabut Berkas

33
TERGUSUR: Salah seorang wali murid mengambil berkas pendaftaran putranya dari SMPN 1 Pacitan Selasa (25/6)

PACITAN – Hari kedua penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019 tingkat SMP di Pacitan diwarnai pencabutan berkas calon siswa. Pagu di SMPN 1 Pacitan (Spensapa) Selasa (25/6) telah terisi. Akibatnya, puluhan pendaftar tersingkir lantaran nilai tergusur yang lain.  ‘’Sudah ada yang cabut berkas. Pengumuman sementara jumlah siswa yang mendaftar cukup banyak,’’ kata Kepala SMPN 1 Pacitan Cahya Herlambang.

Dari pagu 260 kursi jalur zonasi reguler, pada hari pertama tercatat  300 pendaftar. Sementara pada hari kedua kemarin yang mendaftar sekitar 30 calon siswa. Itu setelah peringkat sementara siswa yang memenuhi pagu sekolah diumumkan. Sehinga, para orang tua tahu kimit nilai untuk masuk spensapa. ‘’Hari pertama banyak yang mencoba daftar,’’ ujarnya.

Meski begitu PPDB bakal terus dibuka hingga 27 Juni mendatang. Sehingga, tak menutup kemungkinan masih ada pegeseran peringkat nilai calon siswa. Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya tak sedikit para orang tua memilih menunggu hari kedua atau ketiga untuk mendaftarkan putra-putri mereka. ‘’Banyak pertimbangnya termasuk melihat nilai peserta lain,’’ jelasnya

Cahya menegaskan tidak ada larangan cabut berkas telah dimasukkan saat pendaftaran kemarin. Bahkan, calon siswa yang nilainya tinggi pun bisa menarik berkas. Hingga pukul 11.00 kemarin, tercatat 19 calon siswa menarik berkas pendaftaran untuk mendaftar ke sekolah lain. ‘’Kami layani untuk mengambil berkasnya,’’ tuturnya.

Reni, salah seorang wali murid, mencabut berkas sejak awal lantaran tahu putranya gagal masuk sekolah tersebut. Meski nilai ujian sekolah berstandar nasional (USBN)-nya lumayan tinggi, pada hari pertama posisi anaknya di bawah. Rencananya, warga Sidoharjo itu bakal mendaftarkan anaknya ke SMPN 2 yang lumayan dekat dengan rumah. ‘’Kecewa tapi terima, karena memang seperti ini persaingannya,’’ jelasnya. (gen/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here