AdvertorialNgawi

Hari Jadi Momen Wujudkan Ngawi Lebih Sejahtera

Tanpa Euforia, Tetap Sakral dan Tidak Kurangi Makna

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Meski digelar secara sederhana karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, namun peringatan Hari Jadi Ngawi ke-662 tahun ini diharapkan tetap berjalan sakral dan tidak mengurangi maknanya. ‘’Mudah-mudahan dengan semangat hari jadi ini bisa menjadi tonggak bagi semuanya untuk mewujudkan tatanan kehidupan normal baru menuju Ngawi yang lebih sejahtera,’’ kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Ngawi Rudi Sulisdiana.

Biasanya, memang digelar rangkaian kegiatan besar untuk memeriahkan hari jadi kabupaten berpenduduk hampir sejuta jiwa ini. Namun, untuk tahun ini Rudi menyebut semua itu ditiadakan. Yang digelar hanya jamasan pusaka dan malam tirakatan di pendapa kabupaten, kecamatan dan desa masing-masing. Tidak ada upacara, tidak ada euforia dan sebagainya. ‘’Kami berharap melalui momentum ini, kedepan Ngawi bisa lebih baik di semuanya,’’ ujarnya.

Pihaknya optimistis, dengan penerapan kebijakan new normal nanti akan berdampak positif bagi Ngawi. Terutama untuk sektor pariwisata, olahraga dan pemudanya. Terdekat, mengenai kunjungan wisata yang diharapkan akan kembali normal setelah sektor pariwisata dibuka kembali meski tahap ujicoba dan dibatasi dengan protokol kesehatan. ‘’Karena kami juga tidak ingin ketika pariwisata dibuka justru menjadi klaster baru penularan Covid-19,’’ ungkapnya.

Karena itu, pihaknya sudah memberikan sejumlah ketentuan yang cukup ketat kepada pengelola wisata maupun pendukungnya. Semua wajib menerapkan protokol kesehatan seperti yang sudah ditetapkan. Pemkab akan memastikan kesiapan tempat wisata mengenai hal itu. Pun ketika tempat wisata sudah dibuka, pengelola maupun pengunjungnya wajib menaati protokol kesehatan tersebut. ‘’Kami yakin semua bisa kembali normal. Kuncinya hanya kesadaran dan disiplin dari masyarakat untuk menaati protokol kesehatan,’’ tegasnya. (tif/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close