Hari Ini, Sortir-Lipat Surat Suara Rampung

50

MADIUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun menargetkan proses sortir dan lipat surat suara Pemilu 2019 tuntas hari ini (22/3). Kegiatan di Gedung Korpri Setkab Madiun lama itu berlangsung sekitar sepekan sejak awal Maret lalu. ‘’Setelah pengepakan akan segera didistribusikan ke seluruh kecamatan,’’ kata Anwar Soleh Azarkoni, ketua KPU setempat, kemarin (21/3).

KPU mengerahkan 300 tenaga lepas untuk sortir dan lipat surat suara yang berjumlah 2.917.505 lembar. Zarkoni belum bisa menyebut jumlah pasti surat suara yang rusak. ‘’Ada yang rusak. Tapi, masih dalam pendataan. Bakal segera kami umumkan jumlahnya,’’ ujarnya.

Untuk distribusi, dia yakin tidak mengalami kendala berarti. Pasalnya, seluruh akses jalan menuju setiap kecamatan aman dari bencana alam dan beraspal mulus. Zarkoni memperkirakan distribusi logistik tidak akan terlambat. ‘’Kami yakin tempat penyimpanan logistik di PPK maupun di TPS aman,’’ klaimnya.

Selain surat suara, Zarkoni menyebut logistik lain juga sudah lengkap. Kotak suara yang disimpan di Gedung Korpri aman dari ancaman air hujan. Pun semua logistik sudah disimpan sesuai petunjuk dan prosedur. ‘’Sudah dipastikan semua tempatnya aman, tidak ada yang perlu dikhawatirkan,’’ tegasnya.

Selain di Gedung Korpri, logistik di gudang sekretariat KPU di Geger juga diklaim aman. Bahkan, pihaknya intens mengawasi. Sementara yang di Gedung Korpri butuh lebih banyak tenaga lantaran jauh dari sekretariat KPU. Namun, dia mengklaim tak masalah. ‘’Saya jamin logistik aman. Tinggal distribusi,’’ pungkasnya. (fat/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here