Hari Ini Deadline Relokasi Susulan Pasar Eks Stasiun

89

PONOROGO – Jika tak ada aral melintang, relokasi susulan pedagang eks stasiun ke pasar relokasi dimulai hari ini (7/2). Kendati, lahan di selatan los 4 pasar relokasi belum sepenuhnya siap. Bagian sisi timurnya belum diplester semen. ‘’Pasti ada yang kebagian di tempat yang belum diuruk. Tempat yang diplester, baru (jatah lapak) 200-an pedagang,’’ kata Suwardi, korlap Paguyuban Pedagang Eks Stasiun, kemarin (6/2).

Jumlah pedagang eks stasiun diklaim mencapai 681 orang. Sudah 260 pedagang yang mendapat jatah tempat di los 4. Sisanya dijatah ruang niaga di selatan los 4. Namun, setelah paguyuban membagi dan menomori petak jualan, Selasa (5/2), ternyata baru 200-an pedagang yang terakomodasi di areal yang sudah diplester. Mau tak mau, sisanya harus menempati areal tanah uruk sebelah timur pasar. ‘’Ya pasti becek. Pedagang harus usaha sendiri, dengan memasang payung, misalnya, supaya tidak becek. Karena dari pemerintah sudah sampai segitu saja,’’ ungkapnya.

Ruang niaga bagi pedagang eks stasiun kali ini pun ala kadarnya. Lantaran mereka harus menyediakan peneduh secara mandiri. Sekat lapak jualannya pun hanya tiga meter persegi. Namun, Suwardi meminta pedagang tak berkecil hati. Tetap menepati komitmen relokasi. Mengingat relokasi susulan telah jatuh tempo hari ini. ‘’Selasa lalu dinas (disperdakum) sudah mengumumkan, bahwa tanggal 7 (hari ini, Red) batas akhir relokasi. Tempat sudah kami persiapkan,’’ ujarnya.

Suwardi mengakui, pendapatan pedagang yang sudah boyongan ke los 4 belum maksimal. Sebab, pasar eks stasiun masih beroperasi. Pembeli pun lebih condong mendatangi pasar lama. Beda cerita jika seluruh pedagang telah boyongan. ‘’Kalau sudah pindah semua, baru bisa pulih. Selama pasar eks stasiun masih buka, tidak akan bisa,’’ terangnya. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here