AdvertorialNgawi

Hari Batik Nasional, Perajin Berharap Batik Makin Dicintai Generasi Muda

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Memperingati Hari Batik Nasional 2 Oktober, para perajin batik yang tergabung dalam Asosiasi Perajin Batik Ngawi memamerkan karyanya. Sebanyak 12 perajin menampilkan batik khas kreasi mereka yang dikenakan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Ngawi Ony Anwar – Dwi Rianto “Antok” Jatmiko sebagai model.

Kegiatan yang digelar di kediaman Ony di Jalan Hasanudin Ngawi, Kamis (1/10) tersebut bertujuan mengingatkan generasi muda agar semakin mencintai batik sebagai produk dan budaya asli Indonesia. ”Batik harus menjadi kebanggaan,” ungkap Johanes Wahyu Triatmaja, Ketua Asosiasi Perajin Batik Ngawi.

Dalam kesempatan itu para perajin juga menyampaikan uneg-uneg terkait nasib usaha mereka di tengah terpaan pandemi Covid-19. Sejak Maret lalu omzet mereka anjlok dan produksi turun drastis. ”Kondisi sekarang mengharuskan kami untuk lebih kreatif sehingga tetap bisa survive, ” katanya.

Johanes mengatakan, saat ini ada beberapa produk batik asli Ngawi yang sudah eksis di tingkat nasional. Bahkan pernah mengikuti pameran internasional di Tokyo, Jepang.

“Pasar lokal Indonesia adalah konsumen terbesar di Asia. Untuk itu kami akan terus mengejar dan bersaing dengan pengusaha batik di Indonesia supaya berdaya di negeri sendiri,” ujarnya sembari menyebut Ngawi membutuhkan perda yang bisa mensupport industri batik lokal.

Sementara, Ony menilai agar pengusaha batik bisa survive di situasi sekarang perlu bermain di semua lini. “Untuk saat ini sebaiknya lebih berkonsentrasi menguatkan produk dulu. Setelah itu silakan jika punya idealisme dengan batik warna alami dengan estetika tinggi,” paparnya.

Dia berjanji ke depan pemerintah daerah akan memfasilitasi dan mengeluarkan kebijakan agar batik Ngawi bisa dipakai semua kalangan, tidak hanya pegawai kantoran. ”Ke depan anak-anak sekolah pun akan pakai batik produksi Ngawi,” pungkasnya. (rio/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close