Madiun

Harga Bawang Merah Menggila

Stok Terbatas dari Distributor dan Gagal Panen

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Harga bawang merah melonjak menjelang hari raya. Pemicunya gagal panen dan stok terbatas di tingkat produsen. Berdasarkan data siskaperbapo Disperindag Jatim, saat ini harga bumbu masak tersebut mencapai Rp 50 ribu per kilogram di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Madiun. Jauh dibandingkan dengan harga acuan penjualan di konsumen (HAPK) tertinggi yang mencapai Rp 32 ribu per kilogram.

Sunarsih, pedagang sayur dan bumbu dapur di Pasar Pagotan, mengungkapkan bahwa kenaikan harga bawang merah mulai dirasakan sejak dua minggu terakhir. Kenaikan tidak langsung tembus dua kali lipat. Melainkan perlahan naik mencapai Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu per kilogram. ‘’Kata loper yang kiri, stok terbatas karena petani juga sulit. Bawang merah dari Nganjuk ini,’’ ungkap pedagang asal Desa Purworejo, Geger, tersebut.

Dia menyebut bawang merah yang dijualnya tergolong kelas menengah. Dengan kata lain, bawang merah super harganya bisa lebih tinggi. Sunarsih berharap harga bawang merah kembali normal. ‘’Lebih enak jualan pas harga normal. Kebanyakan pelanggan membeli berdasarkan nominal uang, sedapatnya. Bukan ukuran kilo,’’ ujarnya.

Berbeda dengan bawang putih. Harganya terpantau stabil. Bahkan cenderung turun dari sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram menjadi sekitar Rp 18 ribu per kilogram.

Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro (Disperdakop-UM) Kabupaten Madiun Toni Eko Prasetyo membenarkan melambungnya harga bawang merah berlangsung dua pekan belakangan. Harga bawang merah naik karena beberapa petani mengalami gagal panen. ‘’Sehingga stok di pasaran terbatas,’’ katanya.

Kondisi itu kemudian berdampak pada suplai barang yang kurang dari distributor. Terkait kondisi tersebut, pihaknya mempertimbangkan operasi pasar. ‘’Akan segera ditindaklanjuti,’’ ujarnya. (den/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close