Harga Anjlok, Petani Buah Naga Pacitan Buntung

246

PACITAN – Panen buah naga di Kota 1001 Gua kali ini tidak berpihak kepada petani. Alih-alih mendapatkan keuntungan, mereka justru buntung akibat harga komoditas itu anjlok di pasaran. ‘’Cuma Rp 3.000—Rp 4.000 per kilonya,’’ kata Ari, salah seorang petani buah naga di Pringkuku, Pacitan, kemarin (29/1).

Ari menduga, anjloknya harga buah naga kali ini lantaran hasil panen yang terlampau melimpah. Maklum, satu pohon bisa menghasilkan hingga 25 buah. ‘’Di lahan saya, sekali panen paling sedikit menghasilkan 300 kilogram,’’ ujarnya.

Meski harga buah naga sedang anjlok, Ari mengaku belum berpikir untuk beralih dari jenis tanaman tersebut. ‘’Kalau bagus, harganya bisa sampai Rp 8.000 sekilonya,’’ tutur Ari kepada Radar Pacitan.

Keluhan serupa dilontarkan Agus, pedagang buah di Pasar Arjowinangun. Pria itu mengaku omzet penjualan buah naga di lapaknya beberapa hari terakhir turun. Pasalnya, banyak pedagang kaki lima yang mematok harga lebih murah. ‘’Kalau standarnya satu kilo sekitar Rp 8.000,’’ sebut Agus.

Dia menambahkan, buah naga tak terlalu populer di Pacitan. Warga yang membeli, kata Agus, umumnya sekadar untuk memuaskan rasa penasaran pada buah warna kemerahan tersebut. (mg6/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here