Hanya Berselisih Jam, Avanza Terbakar di Pintu Keluar SPBU

106
AVANZA AE 1396 SU: Timbul percikan api dari mobil seusai mengisi BBM di SPBU Dengok.

PONOROGO – Hanya berselisih jam, kebakaran juga meneror SPBU 54.63401 di Desa Madusari, Siman. Lebih awal dari insiden di SPBU Jalan Ahmad Yani, Sabtu (22/6). Sekitar pukul 11.30, mobil Toyota Avanza AE 1396 SU berhenti dan terbakar di pintu keluar SPBU milik PT Madusari Dengok. Membuat Dar, pengemudinya bergegas menyelamatkan diri.

Pengemudi asal Slahung itu sempat ketar-ketir lantaran di dalam mobil terdapat 11 jeriken dan sebuang tong plastik berisikan premium. Beruntung, petugas SPBU setempat sigap memadamkan api dengan menyemprotkan apar. ‘’Kendaraan langsung kami amankan,’’ kata Kapolres Ponorogo AKP Radiant.

Hasil pemeriksaan mengungkapkan bila Dar telah keliling ke empat SPBU. Mulai SPBU Jiwan, Dolopo, Mlilir, dan terakhir SPBU Dengok. Modusnya, usai mengisi tangki kendaraan dengan premium, dia meninggalkan SPBU. Setelah itu, menyedot premium dari tangki dipindahkan ke jeriken di dalam mobilnya. Itu dilakukan berulang seusai mengisi di setiap SPBU. Diduga, pemindahan premium dari tangki ke jeriken juga menggunakan mesin pompa air. Melihat mobilnya yang telah dimodifikasi sedemikian rupa. Terdapat selang berwarna biru di belakang jok sopir yang terhubung dengan tangki mobil. ‘’Berpindah di beberapa tempat. Hasilnya dijual kembali,’’ ungkap Radiant.

Menurut Radiant, Dar melakukan aksinya itu dua kali seminggu. Sekali beraksi, bisa membawa pulang 500 liter premium untuk dijual kembali. Hingga kini kasus tersebut masih ditangani Satreskrim Polres Ponorogo. Beberapa saksi telah dihadirkan guna dimintai keterangan. ‘’Termasuk manajer dan dua karyawan SPBU Dengok.’’

Sejumlah barang bukti lain yang diamankan meliputi 11 jeriken berisikan 130 liter premium, satu tong plastik kapasitas 200 liter berisikan 60 liter premium, dan selang berwarna biru sepanjang 0,5 meter. ‘’Pengemudi masih berstatus saksi. Masih terus kami lidik,’’ tandasnya. (mg7/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here