Hantam Panther, Remaja 15 Tahun Patah Tulang

71
LUKA BERAT: Sejumlah warga berusaha menolong Gigih Nur Hidayat, pelajar yang terlibat laka lantas di Jalan Raya Pacitan–Ngadirojo.

PACITAN, Jawa Pos  Radar Pacitan – Insiden kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang melibatkan pelajar di Pacitan terus bertambah. Teranyar, Gigih Nur Hidayat, 15, pengendara Honda CBR 150 nopol AE 2260 YF bertabrakan dengan Isuzu Panther AD 8547 ME yang disopiri Yanet Arbika, 37, Rabu (7/8). Nihil korban jiwa dalam insiden di Jalan Raya Pacitan–Ngadirojo masuk Desa Wonogondo, Kebonagung, itu. ‘’Hingga kini ada 33 kasus laka lantas melibatkan pelajar,’’ ungkap Kanit Laka Satlantas Polres Pacitan Ipda Amrih Widodo Kamis (8/8).

Laka lantas bermula ketika mobil Yanet melaju dari arah selatan. Pria asal Desa Cemani, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, itu mendahului mobil yang tidak diketahui identitasnya. Nahas, muncul CBR yang dikendarai Gigih dari arah berlawanan. Remaja asal Desa Ketro, Kebonagung, itu tidak bisa menghindar. Moncong motor dan mobil pun saling beradu. ‘’Karena jarak dua kendaraan telanjur dekat,’’ ujarnya.

Amrih menyebut, saking kerasnya tabrakan, bagian depan motor rusak berat. Kap mobil ringsek dan kacanya pecah. Gigih yang menderita luka berat langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Tulang kaki kiri, kedua tangan, dan tulang rusuknya patah. Sedangkan Yanet dan seorang penumpang mengalami luka ringan. ‘’Kami amankan kendaraan yang terlibat laka,’’ tuturnya.

Data unit laka, selama enam bulan sejak Januari  2019 ada 162 kasus laka lantas. Dengan 15 korban di antaranya meninggal dunia (MD). Sedangkan angka 33 kasus tabrakan melibatkan pelajar meningkat sekitar lima persen dibandingkan tahun lalu dalam periode yang sama. ‘’Mayoritas penyebab laka lantas akibat kurang hati-hati dalam berkendara,’’ kata Amrih.

Selain itu, lanjut dia, tidak patuh terhadap rambu lalu lintas. Orang tua diharapkan berpikir dua kali saat memberi fasilitas motor kepada anaknya. Apalagi untuk kepentingan sekolah. ‘’Kami berupaya menekan, tapi pengawasan orang tua lebih penting,’’ ucapnya. (den/c1/cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here