Hanif Nurani, Sembilan Tahun Rutin Tampil di Lagu Rindu TVRI Jatim

36
CANTIK: Hanif Nurani saat memamerkan kebolehannya menyanyi di sebuah acara.

Dunia menyanyi bagi Hanif Nurani adalah segalanya. Maklum, selain hobi, dari olah vokal dia mampu mendapatkan materi yang mencukupi. Pun, dia pernah menjadi backing vocal sejumlah musisi papan atas tanah air.

—————-

NILAM RIFIA SAVITRI, Madiun, Jawa Pos Radar Madiun

LAGU lawas itu terdengar merdu saat Hanif Nurani membawakannya di depan puluhan penonton yang memadati studio TVRI Jawa Timur sore itu. Tidak sedikit yang ikut bernyanyi maupun sekadar menggoyang-goyangkan kaki seiring musik yang mengalun.

Sesekali Hanif turun dari panggung menuju deretan kursi di depannya, mengajak beberapa penonton menyanyi. ‘’Setiap sabtu jam empat sore saya mengisi acara tersebut,’’ kata warga Kelurahan Kanigoro, Kartoharjo, Kota Madiun, itu.

Bagi penonton setia acara bertajuk Lagu Rindu itu, wajah Hanif sudah tidak asing lagi. Maklum, sudah sembilan tahun dia mengisi program hiburan tersebut. ‘’Suka nyanyi sejak usia empat tahun,’’ ujarnya.

Kala itu, Hanif kecil mulai sering ikut lomba menyanyi antar-RT, RW, hingga kecamatan. Bakatnya semakin terlihat ketika berhasil menyabet juara singing competition di salah satu mal Kota Madiun saat usianya baru menginjak 10 tahun. Dari situ, Hanif akhirnya direkrut sebuah band. ‘’Pernah mengisi acara hari jadi juga saat itu,’’ sebutnya.

Menginjak bangku SMP, Hanif mendapat tawaran bernyanyi di sebuah kafe. Namun, hanya berlangsung singkat lantaran sang ayah tidak merestui. Tidak lama berselang dia memperoleh job menyanyi di sebuah hotel berbintang Kota Madiun. ‘’Berangkat habis magrib. Pulang nge-job mengerjakan PR,’’ kenangnya.

Sejak itu relasinya bertambah. Bahkan, ada yang dari Surabaya dan Jakarta. Sejak itu pula Hanif sering bolak-balik ke luar kota. ‘’Setelah itu lebih banyak lagi manajemen yang merekrut. Akhirnya hampir tiap Sabtu dan Minggu nyanyi di luar kota,’’ ungkapnya.

Lulus SMA, Hanif melanjutkan studi di Universitas Airlangga. Selama kuliah dia tetap nge-job menyanyi. Bahkan, pernah diminta menjadi backing vocal penyanyi dan band papan atas seperti Syahrini, Judika, Yovie & Nuno, Kahitna, Noah, dan Ungu. Juga manggung di berbagai daerah, termasuk Kalimantan, Bali, Papua, bahkan luar negeri.

Pada 2016 Hanif harus mengurangi job-nya lantaran kesibukan menyelesaikan skripsi. Itu pun dia sempat nyaris tidak tidur selama lima hari. ‘’Pernah juga mengerjakan skripsi di perjalanan naik pesawat atau kereta saat akan manggung,’’ katanya.

Hanif mengalami masa tersulit saat orang tuanya tertimpa musibah. Bapaknya kecelakaan dan ibunya sakit. Untuk menopang biasa pengobatan, dia harus fokus bekerja. Di sisi lain, mesti bolak-balik ke Madiun mengurus keduanya. Bahkan, kala itu dia rela menunda pernikahan.

’’Ditambah lagi saya kena tipu. Uang ratusan juta dibawa lari orang banyak. Kemudian masih ada cicilan yang harus dibayar. Itu yang membuat saya terpuruk,’’ kenang perempuan dengan nama panggung Nuran Haniv yang kini juga seorang presenter TVRI Jawa Timur ini. *** (isd/c1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here