Hamparan Sawah Jadi Padang Pasir

98

PACITAN – Masih di Kecamatan Kebonagung. Baru ditanami padi lima hari, hamparan sawah di Dusun Bulu, Desa/Kecamatan Kebonagung, jadi padang pasir. Itu juga akibat banjir Jumat lalu (7/12). ‘’Banjirnya membawa pasir. Kebetulan, sawah saya lokasinya lebih rendah,’’ kata Susilo, salah seorang petani setempat, kemarin (11/12).

Susilo pun bingung dibuatnya. Sebab, selain tanaman padinya hancur, sawahnya pun tak lagi dapat ditanami lagi. Jika dipaksakan, dia khawatir hasilnya tak akan bagus. Apalagi, benih padinya sudah habis ditanam sebelum banjir. ‘’Ini pasir, mana bagus kalau ditanami? Mungkin kalau lumpur masih mending,’’ ujarnya.

Dia menyebut, berpuluh meter kubik pasir itu berasal dari saluran irigasi di seberang Jalur Lintas Selatan (JLS) yang tertutup. Tak jauh dari lahan pertaniannya. Air sungai kiriman dari Desa Karanganyar bertemu di titik tersebut. Air dari hulu membawa material batu dan pasir. Hingga menyumbat saluran irigasi dan meluber ke sawahnya. ‘’Di sana (saluran irigasi, Red) tertutup, lalu airnya menyeberang JLS sampai ke sini (sawahnya, Red),’’ ungkapnya.

Tak hanya lahan, material pasir juga menutup sebagian besar sawah di Dusun Bulu. Dia memperkirakan sekitar 10 hektare sawah rusak akibat terjangan banjir pasir. Saat itu, lanjut Susilo, ketinggian genangan air hampir sepinggang orang dewasa. ‘’Sampai jalan JLS itu gak bisa dilewati saking dalamnya air,’’ sebutnya.

Dia berharap ada bantuan pemerintah setempat untuk mengurangi kerugian dampak bencana tersebut. Pasalnya, meski sawahnya tak terlalu luas, tebalnya pasir bakal membuatnya kesulitan membersihkan lahan. Pun dia telah kehabisan bibit padi untuk ditanam lagi. ‘’Tapi, kalau pasirnya setebal ini sulit mau diapa-apakan, kalau dikeruk pakai cangkul butuh beberapa hari,’’ keluhnya.

Kerusakan lahan pertanian akibat banjir tidak hanya terjadi di Dusun Bulu. Namun, hampir di seluruh lahan sisi JLS area Kebonagung. Mayoritas, tanaman padi yang terdampak. Sementara di beberapapa titik lainnya ketebalan lumpur membuat pematang sawah sulit terlihat. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here