Hama Belalang Serang Watukarung, Petani Kewalahan untuk Mengatasi

268

PACITAN – Sejumlah warga di Dusun Kenol, Watukarung, Pringkuku, dibuat resah serangan serangga. Bukan wereng, melainkan ribuan belalang hijau. Akibatnya,  dedaunan tanaman berubah gripis. ‘’Mulai padi, ketela, jagung, sampai blarak (daun kelapa, Red),’’ jelas Adi Pradita, salah seorang petani, kemarin (1/3).

Adi mengungkapkan, sudah sebulan terakhir belalang hijau menyerang desanya. Kebanyakan menyasar tanaman singkong dan kelapa.  Pun, para petani kawathir hasil panen tidak maksimal. ‘’Padi juga diserang, tapi tidak terlalu parah,’’ sebutnya.

Menurut dia, hampir tiap tahun ada serangan belalang di wilayah Watukarung. Namun, serbuan jenis serangga tersebut tahun ini jauh lebih banyak. ‘’Perkembangbiakannya cepat. Hanya beberapa minggu sudah beranak pinak,’’ ungkapnya.

Celakanya, tidak ada pestisida yang ampuh memberantas serangan belalang. Yang dilakukan warga sejauh ini sekadar menangkapi untuk dijadikan kudapan. Sebagian membeli jaring untuk melindungi tanaman. ‘’Kadang kalau siang saya obyak-obyak, tapi hilang sebentar lalu balik lagi,’’ ucapnya.

Pantauan Radar Pacitan, satu pohon ketela saja bisa dikerubuti hingga puluhan belalang. Imbasnya, tanaman yang semula hijau nyaris hanya menyisakan batang daun. (mg6/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here