Magetan

Habis Baleasri, Terbit Kalangketi

Terima Surat Kaleng, Pemkab Telusuri Dugaan Korupsi

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Magetan kembali direpotkan dugaan korupsi. Baru-baru ini, terkirim surat kaleng yang mempersoalkan sejumlah urusan pekerjaan di Desa Kalangketi, Kecamatan Sukomoro.

Pelapor anonim yang mengaku dari warga desa setempat itu meminta pihak-pihak terkait menelusuri bantuan langsung tunai (BLT), proyek balai desa, embung, rabat jalan, dan pengisian perangkat desa. ‘’Laporan itu dilayangkan tiga pekan lalu,’’ kata Kepala DPMD Magetan Eko Muryanto Selasa (13/10).

Tak ingin kecolongan seperti korupsi di Baleasri, Ngariboyo, DPMD pun melakukan penelusuran. Namun, pengecekan yang dilakukan baru menyasar permukaan. Belum mendetail. ‘’Kalau tahu siapa pelapornya, bisa kami konfirmasikan langsung pokok permasalahannya di mana,’’ lanjutnya.

Eko mencontohkan, penyaluran BLT dilaporkan terjadi dobel data. Namun, kebenaran dari dugaan pelapor itu kecil. Sebab, pendataan dari data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) kerap berubah. ‘’Perlu dicek lagi kesesuaian datanya,’’ ujarnya.

Untuk proyek-proyek fisik yang turut dilaporkan, Eko menyebut secara administratif tidak ada persoalan. DPMD juga telah melakukan monitoring dan evaluasi (monev) di desa terkait. ‘’Yang dilaporkan itu pekerjaan 2017/2018. Kami harus teliti kembali,’’ tuturnya.

Tanpa konfirmasi yang jelas dari pelapor, Eko merasa bingung. Sebab, rata-rata proyek desa dikerjakan multiyears. Sehingga tiap tahun berbeda-beda tahapan pekerjaannya. DPMD bakal lebih mudah melakukan penelusuran bila objek yang dipersoalkan dijelaskan secara mendetail. ‘’Apakah temboknya, atapnya, atau lantainya, kami masih berusaha mencari. Ini berlaku bagi proyek balai desa maupun embung yang dikerjakan multiyears,’’ terangnya.

Eko memastikan sampai kini monitoring di Kalangketi masih berjalan. Selain cek fisik, juga memintai keterangan dari perangkat dan kepala desa. Belum dapat dipastikan kapan penelusuran ini selesai. ‘’Kami harap semua pihak bersabar,’’ ucapnya.

Terkait pengisian perangkat desa (sekretaris dan kepala dusun) di Kalangketi sudah rampung. Setelah dilantik tahun lalu, perangkat yang terpilih kini sudah menjalankan tugasnya. ‘’Soal ini kami rasa sudah tidak ada yang perlu lagi dibahas lagi,’’ katanya.

Plt Inspektur Inspektorat Magetan Imam Fauzi juga mendapatkan laporan dari surat kaleng tersebut. Pihaknya telah menerjunkan tim khusus untuk melakukan pemeriksaan di Kalangketi. ‘’Kami intens berkoordinasi dengan DPMD supaya hasilnya bisa match. ‘’Kami berupaya objektif dalam pemeriksaan ini,’’ janjinya. (fat/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close