Guru Bahasa Inggris SD di Ponorogo Masih Puasa Sertifikasi

81
PROBLEM SERTIFIKASI: Guru membimbing kegiatan belajar-mengajar di salah satu SD.

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Dua tahun berlalu, sejumlah guru bahasa Inggris SD belum juga menerima tunjangan sertifikasi. Khususnya bagi yang tak mengantongi ijazah pendidikan guru SD (PGSD) lantaran terbentur aturan permendikbud. Hanya yang berijazah PGSD yang dapat menerima kembali tunjangan tersebut. ‘’Ini problem nasional, terjadi di banyak daerah,’’ kata Kabid Pembinaan Ketenagaan Dindik Sarjono.

Di Ponorogo, para guru bahasa Inggris mengajar di sejumlah lembaga SD. Namun, situasi berubah sejak dua tahun terakhir. Perubahan kurikulum SD menjadi Kurikulum 2013 (K-13), ditambah kebijakan mengganti muatan lokal (mulok) dari bahasa Inggris ke bahasa daerah, membuat tunjangan guru bahasa Inggris di jenjang SD tidak dapat dibayarkan. Otomatis ketika muatan lokal (mulok) diubah bahasa daerah, konsekuensinya tidak bisa mengajar. ‘’Kami sudah konsultasikan terkait kondisi ini kepada Kemendikbud,’’ ujarnya.

Terkait persoalan itu, bupati lantas mengambil sejumlah opsi. Awal tahun ini, menyurati Kemendikbud. Salah satu alternatif solusi yang diusulkan adalah mengonversi tugas guru bahasa Inggris menjadi guru kelas. Itu hanya untuk guru bahasa Inggris yang mengenyam pendidikan guru SD (PGSD). Usulan itu direspons pusat lewat diterbitkannya Permendikbud 61/2019. ‘’Bagi yang mengantongi ijazah PGSD dan sudah menempuh sertifikasi kedua, tunjangan serfitikasinya sudah dapat dicairkan kembali mulai Januari ini. Dibayarkan mulai triwulan kedua, Juni lalu,’’ sebutnya.

Bagi guru bahasa Inggris dengan background PGSD namun belum menempuh sertifikasi guru kedua, ada 55 orang. Mereka diharapkan segera mendapat sertifikasi dan menerima tunjangan. Namun, lain nasib bagi guru bahasa Inggris yang pendidikannya tidak mengenyam PGSD. Mereka tidak bisa menerima tunjangan sertifikasi. ‘’Ini imbas dari perubahan kurikulum dan mulok yang menjadi bahasa daerah,’’ terangnya. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here