Grup Karawitan Bangga Tampil di Depan Bupati

91

NGAWI – Acara pengukuhan pengurus Karang Taruna Ngawi 2019-2024 di Pendopo Wedya Graha pada Senin lalu (11/3) terasa kental nuansa Jawa. Itu berkat penampilan grup karawitan Gamelan Karang Taruna Desa Gemarang, Kedunggalar.

Mereka membawakan beberapa tembang sebagai hiburan dalam acara pelantikan tersebut. ‘’Jadi sebuah kebanggaan, kami diberi kesempatan tampil pada momen penting di depan Pak Bupati,’’ kata Suyanto, ketua Karang Taruna Desa Gemarang, kemarin (12/3).

Suyanto mengatakan, grup karawitan tersebut telah menguasai sekitar 60 tembang. Bahkan, sudah menciptakan lima tembang sendiri. Lebih membanggakan lagi, karya mereka dalam waktu dekat masuk dapur rekaman. ‘’Nanti kami promosikan melalui media sosial maupun radio-radio di Ngawi dan sekitarnya,’’ ujarnya sembari menyebut nama Gamelan merupakan akronim dari gerakan pemuda melestarikan kebudayaan.

Dia menambahkan, sejauh ini grup karawitan Gamelan belum memiliki peralatan sendiri dan harus meminjam setiap kali latihan. Karena itu, dia berharap daerah memberikan bantuan. ‘’Adanya grup karawitan ini selain melestarikan seni budaya juga bisa mencegah anak-anak terjerumus hal-hal yang negatif,’’ pungkasnya. (tp8/tif/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here