AdvertorialNgawi

Gotong Royong Hadapi Pandemi, Dinkes Ngawi Jalankan Empat Langkah Tugas Utama

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pandemi Covid-19 tak bisa diatasi tanpa semangat gotong royong dari seluruh elemen masyarakat. Hal itulah yang menjadi penekanan Bupati Budi ”Kanang” Sulistyono saat momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) pada tahun ini. ‘’Bicara soal kebangkitan nasional di tengah situasi pandemi seperti ini, maka yang paling penting adalah bagaimana kita bangkit untuk terus melakukan gotong royong,’’ katanya Selasa (19/5).

Karena itu, Kanang menyatakan sikap gotong royong harus terus dijaga. Dia kemudian mengajak masyarakat untuk bersatu dan saling membantu satu sama lain agar dampak Covid-19 di Ngawi tidak meluas. ‘’Apa pun itu harus didasarkan pada kepentingan bersama. Termasuk melaksanakan ibadah dan sebagainya,’’ ujar bupati dua periode tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Ngawi dr Yudono menegaskan pihaknya masih bersemangat melawan pandemi. Kendati masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi anjuran pemerintah soal pencegahan Covid-19. ‘’Sampai sejauh ini semua lini mulai dari dinkes, puskesmas, maupun rumah sakit masih terus bergerak untuk membantu sesama demi kemanusiaan,’’ katanya.

Dia menyebutkan ada empat langkah tugas utama dinkes dalam menghadapi Covid-19. Meliputi promotif, preventif, kuratif, serta rehabilitatif. Soal upaya promotif dan preventif pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat untuk membangun kemandirian kesehatan mereka. Selain itu, tim medis terus berjuang agar pasien Covid-19 bisa sembuh sebagai bentuk upaya kuratif. Sementara dalam bentuk upaya rehabilitatif pihaknya bekerja sama dengan pemerintah desa (pemdes) untuk mencukupi kebutuhan pokok pasien.

Di sisi lain, kata Yudono, pihaknya juga aktif memberikan bantuan tenaga medis di posko Covid-19, check point, serta pelaksanaan rapid test masal. Yang jelas, pihaknya condong mementingkan masalah kemanusiaan. ‘’Karena semua pasti ingin aman, ingin sehat, dan nyaman,’’ ujarnya. (tif/c1/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close