Madiun

Germas Ok, Korona No Way

Penulis adalah Walikota Madiun Drs. H. Maidi, SH, MM, MPd

JUDUL di atas merupakan slogan yang dibuat Dinas Kesehatan dan KB Kota Madiun. Slogan yang sekaligus bernada ajakan itu dikeluarkan saat rapat pejabat daerah bersama tokoh masyarakat di halaman depan balai kota, Sabtu malam (7/3).

Slogan itu sengaja saya buat judul. Karena saya ingin itu benar-benar membekas di masyarakat. Ada makna baik di dalamnya. Germas merupakan kependekan dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Gerakan itu penting diterapkan. Apalagi, saat situasi seperti sekarang ini. Dunia tengah dikhawatirkan dengan virus korona.

Ya, ini memang sudah menjadi isu internasional. Virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok itu sudah menyebar ke 50 negara lebih. Termasuk di Tanah Air. Setidaknya muncul dua kasus di daerah Depok beberapa waktu lalu. Tak heran, kasus ini juga menjadi perhatian di seluruh negeri.

Langkah cepat pun dilakukan pemerintah pusat. Bukan hanya penanganan yang dua tadi. Tapi juga pencegahan yang di daerah-daerah. Seperti diketahui, muncul tindakan-tindakan yang tidak perlu di daerah. Mulai urusan masker dan cairan pembersih tangan sampai menyerbu bahan-bahan kebutuhan pokok. Penyebabnya satu, karena khawatir.

Waspada boleh tapi jangan berlebih. Hal itu menyebabkan kekacauan tersendiri. Pemerintah pusat hingga di daerah sudah melakukan penanganan yang terbaik. Seperti rapat pejabat tadi. Itu pasti juga dilakukan daerah lain. Tetapi dengan cara masing-masing.

Di kota kita, sengaja dikemas dialog interaktif. Sengaja di halaman depan balai kota. Ada trotoar menarik di sana. Salah satu tempat berkumpulnya masyarakat di Kota Madiun. Ada hiburan musik angklungnya. Tak heran, dialog semakin menarik.

Kegiatan berlanjut besok paginya. Lokasinya, bergeser ke Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun. Tempat Sunday Market itu. Di sana ada 13 ribu pengunjung. Pedagangnya, sampai 700 orang. Tempat yang cocok untuk sosialisasi. Kegiatan juga melibatkan Forpimda. Terutama TNI-Polri.

Kegiatan memang upaya bersama menjaga masyarakat aman dari penyebaran Korona serta menjaga kondusifitas di daerah. Hal itu penting karena sudah muncul kepanikan-kepanikan masyarakat tadi.

Padahal, apa yang dilakukan masyarakat belum tentu benar. Masalah pemakaian masker salah satunya. Itu juga muncul dari dialog kemarin. Dokter mengatakan memakai masker saja belum cukup efektif mencegah penyebaran virus. Karena virus korona masih bisa menembus pori-pori masker.

Masker lebih dianjurkan bagi yang sakit. Itu pun, hanya untuk menghalau cairan yang keluar saat bersamaan dengan bersin atau batuk. Karena virus korona tidak menular lewat udara. Namun, menempel pada cairan.

Nah, saat bersin cairan bisa keluar sejauh dua meter. Kalau tidak pakai masker cairan yang keluar dikhawatirkan menempel pada orang di sekitar. Virus bisa masuk kalau cairan itu mengenai mata, hidung, dan mulut. Sedang, masker hanya melindungi hidung dan mulut. Belum lagi tatkala mengenai tangan. Itu juga berbahaya karena kebiasaan orang menyentuh bagian-bagian wajah secara tidak sadar.

Karenanya. penerapan hidup bersih dan sehat lebih penting. Mulai menjaga asupan gizi, olahraga, istirahat cukup, dan kebersihan. Setidaknya selalu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

Mencuci tangan juga ada aturannya. Setidaknya, ada tujuh langkah. Mulai membasahi tangan, mengusap bagian telapak dan punggung hingga ujung jari. Bagian sela-sela jari juga harus dibersihkan. Cara mencuci tangan dan etika batuk yang benar juga dipraktikkan. Agar masyarakat semakin paham.

Itu baru langkah pencegahan. Kalaupun sampai ada temuan, Kota Madiun juga siap. Kota Madiun memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap. Bukan hanya milik Pemerintah Kota. Tapi juga rumah sakit provinsi. Bahkan, Kota Madiun juga memiliki rumah sakit khusus paru-paru. Seandainya muncul suspect, penanganan dipastikan akan maksimal.

Virus Korona boleh saja menggemparkan dunia. Tapi jangan sampai di Kota Madiun. Kota Pendekar harus aman dari ancaman virus covid-19 tersebut. Masyarakat harus mendukung upaya pencegahan Pemerintah Kota Madiun dengan mengedepankan pola hidup sehat. Germas harus oke agar Korona no way. (*)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close