Pacitan

Gerhana Matahari Cincin, Warga Ramai-Ramai ke Masjid Salat Kusuf

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Fenomena gerhana matahari cincin Kamis (26/12) disikapi beragam. Ada yang mengamati detik-detik terjadinya fenomena alam itu. Tak sedikit pula yang sengaja menuju masjid untuk menunaikan salat Kusuf. ‘’Jarang-jarang ada fenomena seperti ini (gerhana matahari cincin, Red). Tentu ini tanda kebesaran Allah,’’ kata Yunus, salah seorang jamaah Masjid Darul Falah, Pacitan.

Diakuinya, sebagian masyarakat mengaitkan gerhana matahari dengan mitos tertentu. Namun, baginya fenomena tersebut murni gejala alam biasa. ‘’Menurut saya, seharusnya ini dijadikan tanda pengingat bahwa Allah menciptakan alam semesta dan isinya secara luar bisa,’’ ungkapnya.

Kasi Bimas Islam Kemenag Pacitan Mutongin berharap agar fenomena gerhana matahari cincin dijadikan momen untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Di sisi lain, tidak mengaburkan fenomena alam tersebut dengan hal-hal yang bersifat takhayul. ‘’Sudah nggak zamannya dikaitkan dengan orang mati dan sebagainya,’’ ujarnya.

Mutongin mengungkapkan, salat Kusuf kali ini tak hanya digelar di masjid pusat kota. Tapi juga diselenggarakan di tiap kecamatan di Pacitan. ‘’Kami harapkan para jamaah meningkatkan ketakwaan dengan adanya fenomena ini,’’ tutur Mutongin.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Dianita Agustinawati mengatakan bahwa gerhana matahari cincin tak berdampak pada naiknya gelombang laut di perairan Pacitan. Sebaliknya, fenomena yang terjadi sekitar pukul 12.45 itu justru membuat gelombang laut surut. (gen/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close